Pengembangan alat peraga motor listrik berbasis arduino uno terhadap pemahaman konsep fisika siswa SMP kelas 8 materi energi kinetik

Khoirunnisa, Shilvina Rizka (2022) Pengembangan alat peraga motor listrik berbasis arduino uno terhadap pemahaman konsep fisika siswa SMP kelas 8 materi energi kinetik. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1808066059_Shilvina Rizka Khoirunnisa_FULL] Text (Skripsi_1808066059_Shilvina Rizka Khoirunnisa_FULL)
Skripsi_1808066059_Shilvina Rizka Khoirunnisa_FULL_Skripsi - Shilvina Rizka Khoirunnisa UIN Walisongo.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Pengembangan alat peraga berbahan arduino uno menjadi media pendukung pembelajaran, yang diperuntukan untuk membantu pembelajaran di sekolah. Penelitian pengembangan pengembangan alat peraga motor listrik sederhana bertujuan untuk mengetahui penyusunan media, validitas, dan hasil pemahaman siswa setelah diperlakukan produk. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) yang merujuk pada prosedur pengembangan ADDIE (analys, design, develop, implement, and evaluate). Sampel yang digunakan sebanyak 32 siswa kelas VIII SMP Islam Nudia Semarang yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan lembar validasi ahli media dan materi, serta guru yang di analisis untuk melihat tingkat kevalidan produk dan melakukan uji menggunakan angket respon siswa serta menggunakan soal pretest dan posttest untuk pemahaman siswa. Perolehan rata-rata pemahaan konsep diambil dalam 2 pertemuan. Alatperaga ini diperoleh rata-rata keseluruhan aspek validasi ahlimedia, materi, dan guru 83,70% dengan kategori sangat valid, rata-rata respon siswa 95,62% dengan kategori sangat membantu. Pemahaman siswa meningkat dengan nilai uji-t sebesar 3,40 dan didapatkan nilai gain sebesar 0,26 dengan kategori rendah pada kelas kontrol dan 0,5 dengan kategori sedang pada kelas eksperimen yang berarti siswa mengalami peningkatan pemahaman konsep fisika. Berdasarkan data tersebut, menunjukkan alat peraga yang dikembangkan dapat memfasilitasi kegiatan belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Alat peraga; Motor listrik; Arduino un;, Mitrokontroler
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 07 Nov 2024 02:41
Last Modified: 07 Nov 2024 02:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24924

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics