Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis pada materi pola bilangan ditinjau dari kecerdasan emosional siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tengaran

Kamalin, Aulia Fatra (2022) Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis pada materi pola bilangan ditinjau dari kecerdasan emosional siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tengaran. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1808056056_Aulia Fatra Kamalin_FULL] Text (Skripsi_1808056056_Aulia Fatra Kamalin_FULL)
Skripsi_1808056056_Aulia Fatra Kamalin_FULL -compressed - Lulusi Isrotul.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan berdasarkan latar belakang pentingnya kemampuan pemahaman konsep matematis bagi siswa. Kemampuan pemahaman konsep merupakan kemampuan yang pertama dan utama yang harus dikuasai siswa dan berpengaruh terhadap keberhasilan belajar siswa. Faktor yang mempengaruhi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yakni kecerdasan emosional siswa. Kecerdasan emosional ini juga mempengaruhi prestasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sampel penelitian ini yakni kelas VIIIG SMP Negeri 1 Tengaran yang berjumlah 32 siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik instrumen soal kemampuan pemahaman konsep matematis, angket kecerdasan emosional, lalu melakukan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kecerdasan emosional siswa di kelas tersebut didominasi oleh kategori sedang yaitu 53%. Tingkat kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dikelas tersebut didominasi oleh kategori tinggi yaitu 72%. Kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari kecerdasan emosional menghasilkan 3 kategori yaitu tinggi sebanyak 8 siswa, rendah sebanyak 6 siswa dan sedang sebanyak 18 siswa. Dari penelitian ini diketahui bahwa, semakin tinggi kecerdasan emosional siswa maka siswa semakin mampu menguasai indikator-indikator kemampuan pemahaman konsep matematis. Kategori tinggi dapat menguasai 6 dari 7 indikator pemahaman konsep, kategori sedang menguasai 6 indikator tetapi perbedaannya 3 indikator diantaranya masih perlu ditingkatkan karena tidak semua siswa berkategori sedang menguasainya dengan baik, kategori rendah hanya dapat menguasai 1 indikator.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemahaman konsep; Kecerdasan emosional; Pola bilangan
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 511 General principles
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 12 Nov 2024 05:16
Last Modified: 12 Nov 2024 05:16
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25031

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics