Fa`āliyah istikhdām ṭarīqah ta`allum al-tafkīr bi al-azdawāj wa al-ashum TPS (Think Pair Share) fī ta`līm mahārah al-qirā’ah fi mādah “al-Mihnah” ladai al-talāmīd fī al-fashl al-ṡāmin bi madrasah YPI al-ṡānawiyyah al-Islāmiyyah Klambu Grobogan
Luthfi, Afif (2011) Fa`āliyah istikhdām ṭarīqah ta`allum al-tafkīr bi al-azdawāj wa al-ashum TPS (Think Pair Share) fī ta`līm mahārah al-qirā’ah fi mādah “al-Mihnah” ladai al-talāmīd fī al-fashl al-ṡāmin bi madrasah YPI al-ṡānawiyyah al-Islāmiyyah Klambu Grobogan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
063211059_Coverdll.pdf - Cover Image
Download (602kB) | Preview
063211059_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (175kB) | Preview
063211059_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (254kB) | Preview
063211059_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (184kB) | Preview
063211059_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (196kB) | Preview
063211059_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (59kB) | Preview
063211059_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (95kB) | Preview
063211059_Lampiran.pdf - Supplemental Material
Download (583kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : mengetahui proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran TPS pada materi Al-mihnah di MTs YPI Klambu Kabupaten Grobogan dan bagaimana Efektifitas Penggunaan Model Pembelajaran TPS di dalam pembelajaran keterampilan Qiro’ah dalam Materi Pokok Al-mihnah Kelas VIII MTs YPI Klambu Kabupaten Grobogan.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, yang dilaksanakan di MTs YPI Klambu Kabupaten Grobogan, sample dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII-A sebagai kelas kontrol, dan kelas VIII-C sebagai kelas eksperimen, yang masing-masing kelas memiliki jumlah siswa sebanyak 48 peserta didik. Adapun teknik pengambilan sampel ini dilakukan dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi untuk mengambil data nama peserta didik yang termasuk dalam populasi dan sampel penelitian. Selain itu digunakan metode tes (multiple choice tes) untuk memperoleh data tentang hasil belajar. Sebelum diberi perlakuan, kedua kelas diuji keseimbanganya dengan uji normalitas dan homogenitas. Kemudian kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen diberi pembelajaran dengan model pembelajaran TPS sedangkan kelas kontrol tidak menggunakan model pembelajaran TPS.
Seperti yang telah diterangkan diatas terdapat Efektifitas di dalam penggunaan metode TPS terhadap keterampilan belajar Qiro’ah dalam materi al-mihnah siswa kelas VIII di MTs YPI Klambu Grobogan. Berdasarkan dengan itu pada kelas yang menggunakan TPS mendapatkan nilai rata-rata 79.48 dan kelas yang tidak menggunakan TPS mendapatkan nilai rata-rata 70.00. sehingga jelas bahwasanya kelas yang menggunakan TPS lebih efektif dibandingkan kelas yang tidak menggunakan metode TPS.
Dengan penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan menjadi inovasi bagi civitas akademik, para mahasiswa dan para pendidik agar dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran TPS dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Membaca; Think Pair Share; Strategi Pembelajaran; Bahasa Arab |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Arabic |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 88204 - Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 22 Sep 2014 02:52 |
Last Modified: | 22 Sep 2014 02:52 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2556 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year