Layanan bimbingan agama Islam dan dampaknya bagi siswa SD Tunagrahita di SLB-C YPAC Semarang

Pratiwi, Rahmah Endah (2014) Layanan bimbingan agama Islam dan dampaknya bagi siswa SD Tunagrahita di SLB-C YPAC Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 071111012_Coverdll.pdf]
Preview
Text
071111012_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (731kB) | Preview
[thumbnail of 071111012_Bab1.pdf]
Preview
Text
071111012_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (195kB) | Preview
[thumbnail of 071111012_Bab2.pdf]
Preview
Text
071111012_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (18kB) | Preview
[thumbnail of 071111012_Bab3.pdf]
Preview
Text
071111012_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (18kB) | Preview
[thumbnail of 071111012_Bab4.pdf]
Preview
Text
071111012_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 071111012_Bab5.pdf]
Preview
Text
071111012_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 071111012_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
071111012_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (94kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana layanan bimbingan agama Islam dan dampaknya bagi siswa SD Tunagrahita di SLB-C YPAC Semarang. Layanan bimbingan agama Islam dapat digunakan sebagai alat ukur untuk mengatasi masalah pada siswa SD Tunagrahita.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan penelitian kualitatif dan menggunakan beberapa metode untuk menghasilkan data antara lain metode observasi, interview dan dokumentasi. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan uji analisis non-statistik atau tidak menggunakan hitungan angka-angka. Langkah selanjutnya adalah mengklasifikasikannya sesuai dengan permasalahan yang diteliti, kemudian data-data tersebut disusun dan dianalisis dengan metode analisis data.
Metode analisis data adalah jalan yang ditempuh untuk mendapatkan ilmu pengetahuan ilmiah dengan mengadakan perincian terhadap obyek ilmiah tertentu dengan jalan memilah-milah antara pengertian satu dengan yang lain guna memperoleh kejelasan mengenai halnya. Untuk mendukung hal tersebut, maka penulis dalam menganalisis menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan beracuan pada pola piker deduktif dan induktif. Metode deduktif yaitu pengambilan kesimpulan dengan benar dari pengetahuan yang bersifat umum ke khusus dan metode induktif yaitu pengambilan kesimpulan dari pengetahuan yang bersifat khusus kemudian ditarik kesimpulan yang bersifat umum.
Dari hasil penelitian, terdapat tiga kategori dalam bimbingan Islam tersebut yang dilakukan di SLB-C YPAC Semarang. Dilakukan dengan memberikan pemahaman tentang keimanan, rukun Islam, membaca Al Quran, membaca doa-doa dan penanaman sopan santun (akhlak), dengan memberikan pemahaman tentang hal-hal tersebut dapat membentuk mereka dalam mengembangkan potensi yang dimilikinya, terutama keagamaan, dan dapat digunakan sebagai acuan dalam menjalani hidup mereka sehari-hari di lingkungan masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Agama Islam; Tunagrahita; Sekolah Luar Biasa (SLB)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.9 Pendidikan khusus (spt.: pendidikan tuna netra)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 23 Oct 2014 02:22
Last Modified: 22 Jul 2021 03:21
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2562

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics