Strategi guru mengajarkan kemampuan siswa dalam menghafal mufrodat Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Pesantren Sabilil Muttaqien Hargomulyo Ngawi

Salasa, Dela Yulian (2024) Strategi guru mengajarkan kemampuan siswa dalam menghafal mufrodat Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Pesantren Sabilil Muttaqien Hargomulyo Ngawi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1703096015_Dela Yulian Salasa_Lengkap] Text (SKRIPSI_1703096015_Dela Yulian Salasa_Lengkap)
SKRIPSI_1703096015_Dela Yulian Salasa_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan tentang bagaimana strategi guru mengajarkan kemampuan siswa dalam menghafal mufrodat bahasa arab di Madrasah Ibtidaiyah Pesantren Sabilil Muttaqien Hargomulyo Ngawi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer yakni hasil wawancara kepala sekolah, guru kelas, guru mata pelajaran bahasa arab, dan siswa-siswi kelas III MI PSM Hargomulyo Ngawi. Sedangkan sumber data sekunder yakni data siswa-siswi kelas III MI PSM Hargomulyo Ngawi, RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), dan dokumen lainnya. Pengumpulan data ini dilakukan dengan kegiatan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menemukan bahwa strategi guru mengajarkan kemampuan menghafal mufrodat adalah dengan menggunakan srategi ekspositori dan jugan inkuiri untuk kegiatan pembelajaran bahasa arab, sedangkan untuk menghafal mufrodat guru menggunakan strategi tingkat dasar ( muhadi’) dengan cara menghafalkan mufrodat menggunakan nyanyian, menunjukkan benda yang di maksud, meminta peserta didik membaca berulang kali, dan serta mendengarkan dan menirukan bacaan. Dengan strategi yang diterapkan oleh pendidik tersebut memudahkan siswa dalam menghafalkan kosakata, karena peserta didik merasa senang dengan kegiatan menghafal tersebut, menjadikan pembelajaran tidak membosankan, dan tidak monoton. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa guru yang menggunakan strategi dalam pembelajaran mufrodat dapat mengajarkan bertambahnya kemampuan menghafal mufrodat siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Pesantren Sabilil Muttaqien Hargomulyo Ngawi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hafalan; Mufrodat; Bahasa Arab; Siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Kemampuan berbahasa untuk pendidikan dasar (menulis dsb.)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 03 Jun 2025 02:16
Last Modified: 03 Jun 2025 02:16
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26552

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics