Pengaruh metode bernyanyi terhadap penguasaan kosa kata Bahasa Arab pada siswa kelas IV MI NU 44 Sukolilan tahun ajaran 2022/2023

Rosyida, Wahyu Ilma (2024) Pengaruh metode bernyanyi terhadap penguasaan kosa kata Bahasa Arab pada siswa kelas IV MI NU 44 Sukolilan tahun ajaran 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1703096075_Wahyu Ilma Rosyida_Lengkap] Text (Skripsi_1703096075_Wahyu Ilma Rosyida_Lengkap)
Skripsi_1703096075_Wahyu Ilma Rosyida_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh suasana pembelajaran yang cenderung pasif di kelas IV dikarenakan penggunaan metode dan media pembelajaran yang kurang bervariasi. Sehingga siswa merasa jenuh dan kurang tertarik serta kosa kata yang dikuasai belum maksimal dan belum sesuai harapan pendidik dalam pembelajaran, serta kurangnya motivasi siswa untuk menghafalkan kosakata bahasa Arab. Penggunaan metode pembelajaran yang tepat adalah salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode bernyanyi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode bernyanyi dapat berpengaruh pengaruh terhadap penguasaan kosa kata bahasa arab pada siswa kelas IV materi اَفْرَادُ الْاُسْرَةِ di MI NU 44 Sukolilan, Patebon, Kendal. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan di NU 44 Sukolilan, Patebon, Kendal. Sample pada penelitian ini adalah kelas IVA (kelas eksperimen) yang terdiri dari 19 siswa dan IV B (kelas kontrol) yang terdiri dari 19 siswa. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, observasi, dan tes. Data penelitian yang terkumpul, dianalisis dengan menggunakan tehnik uji independen sample t-test. Rata-rata nilai posttest kelompok kontrol sebesar 73,21 dan kelompok eksperimen sebesar 78,63. Berdasarkan perhitungan analisis data yang diperoleh adalah nilai signifikansi = 0,0185 < 0, 05. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode bernyanyi berpengaruh terhadap penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas IV MI NU 44 Sukolilan

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode bernyanyi; Penguasaan kosa kata; Bahasa Arab
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Kemampuan berbahasa untuk pendidikan dasar (menulis dsb.)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 05 Jun 2025 03:26
Last Modified: 05 Jun 2025 03:26
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26579

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics