Analisis kesulitan belajar ipa pada siswa kelas V MI NU 53 Turunrejo Brangsong Kendal tahun pelajaran 2023/2024

Salafi, Asih Nasichatus (2024) Analisis kesulitan belajar ipa pada siswa kelas V MI NU 53 Turunrejo Brangsong Kendal tahun pelajaran 2023/2024. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1703096087_Asih Nasichatus Salafi_Full] Text (Skripsi_1703096087_Asih Nasichatus Salafi_Full)
Skripsi_1703096087_Asih Nasichatus Salafi_Full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (849kB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Data diperoleh dari penelitian ini dengan menggunakan observasi, wawancara serta dokumentasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan faktor-faktor penyebab kesulitan belajar IPA yang dialami siswa kelas V dan cara guru dalam mengatasi kesulitan belajar IPA di MI NU 53 Turunrejo Brangsong Kendal Tahun Pelajaran 2023/2024. Faktor internal yang menyebabkan siswa kesulitan belajar IPA meliputi kecerdasan siswa yang berbeda-beda, sikap terhadap pelajaran, minat siswa terhadap pembelajaran, dan motivasi belajar siswa yang rendah. Adapun faktor eksternal yang menyebabkan siswa kesulitan belajar IPA meliputi kurangnya perhatian orang tua terhadap kegiatan belajar siswa, pengaruh teman bermain, metode dan media pembelajaran yang kurang menarik, sarana penunjang pembelajaran yang terbatas, guru tidak selalu menggunakan media/alat peraga, metode yang digunakan guru hanya metode ceramah, serta banyak terdapat istilah/bahasa asing sehingga membuat siswa kesulitan dalam pembelajaran IPA. Adapun cara guru dalam mengatasi kesulitan belajar pada siswa kelas V MI NU 53 Turunrejo Brangsong Kendal yaitu dengan mengidentifikasi siswa yang mengalami kesulitan belajar, melokalisasi kesulitan belajar siswa, menentukan faktor penyebab kesulitan belajar siswa, merancang alternatif bantuan, menetapkan kemungkinan cara mengatasinya dan memberikan tindak lanjut/langkah terakhir yang berupa bantuan remidial.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kesulitan belajar; Siswa; Pembelajaran IPA
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 05 Jun 2025 03:33
Last Modified: 05 Jun 2025 03:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26581

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics