Strategi guru dalam meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III di MIN 1 Kendal

Nafaa, Iftachana Ahsanan (2024) Strategi guru dalam meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III di MIN 1 Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1903096094_Iftachana Ahsanan Nafa_Lengkap] Text (Skripsi_1903096094_Iftachana Ahsanan Nafa_Lengkap)
Skripsi_1903096094_Iftachana Ahsanan Nafa_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Pada penelitian ini membahas mengenai strategi guru dalam meningkatkan keterampilan kerkomunikasi siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas III di MIN 1 Kendal. Penelitian kualitatif lapangan ini bertempat di MIN 1 Kendal dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi.
Hasil penelitian ini menemukan bahwa strategi yang dipilih guru untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa adalah dengan menerapkan berbagai jenis metode pembelajaran diantaranya yaitu: metode tanya jawab, metode role playing (bermain peran), metode diskusi, metode outdoor learning (pembelajaran di luar kelas). Penerapan metode pembelajaran tersebut juga terdapat faktor pendukung dan faktor penghambat yang dialami oleh guru. Hasil analisis data mengenai strategi guru dalam meningkatkan keterampilan berkomunikasi bahwa terdapat dua jenis metode pembelajaran yang mampu meningkatkan keterampilan keterampilan berkomunikasi siswa yaitu: metode role playing (bermain peran) dan metode outdoor learning (pembelajaran di luar kelas). Selain itu, dua metode pembelajaran yang belum maksimal meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa adalah metode tanya jawab dan metode diskusi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Guru; Keterampilan komunikasi; Bahasa Indonesia
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Kemampuan berbahasa untuk pendidikan dasar (menulis dsb.)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 13 Jun 2025 04:30
Last Modified: 13 Jun 2025 04:30
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26629

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics