Peran guru dalam membimbing anak berkesulitan belajar matematika materi operasi hitung bilangan bulat pada siswa kelas VI di SD Islam Pamotan

Diasyhuri, Alfian Mahbub (2024) Peran guru dalam membimbing anak berkesulitan belajar matematika materi operasi hitung bilangan bulat pada siswa kelas VI di SD Islam Pamotan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1903096113_ALFIAN MAHBUB DIASYHURI_Lengkap] Text (Skripsi_1903096113_ALFIAN MAHBUB DIASYHURI_Lengkap)
Skripsi_1903096113_ALFIAN MAHBUB DIASYHURI_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai peran guru dalam membimbing anak berkesulitan belajar matematika materi operasi hitung bilangan bulat pada kelas VI di SD Islam Pamotan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja kesulitan yang dialami siswa dalam pembelajaran matematika materi operasi hitung bilangan bulat pada kelas VI SD Islam Pamotan, bagaimana peran guru dalam membimbing anak berkesulitan belajar matematika pada materi pokok operasi hitung bilangan bulat siswa kelas VI SD Islam Pamotan, serta apa kendala yang dihadapi guru dalam membimbing anak berkesulitan belajar matematika materi operasi hitung bilangan bulat dengan jumlah peserta didik sebanyak 19 siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif. Sifat penelitian ini yaitu deskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa; (1) Masih banyak kesulitan yang dialami oleh siswa khususnya pada materi operasi hitung bilangan bulat, yaitu : kesulitan fakta, kesulitan konsep, kesulitan operasi, dan kesulitan prinsip. (2) Peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika yaitu dengan memastikan kesiapan peserta didik dalam belajar matematika materi operasi hitung bilangan bulat, menggunakan model pembelajaran yang tepat sesuai dengan materi ajar, menggunakan media pembelajaran, memberikan kebebasan kepada siswa dalam menyelesaikan permasalahan soal sesuai dengan kemampuan siswa, melakukan bimbingan khusus terhadap peserta didik yang berkesulitan, melakukan evaluasi diakhir pembelajaran, serta mengatasi permasalahan-permasalahan peserta didik. (3) Kendala yang dihadapi guru matematika dalam proses belajar mengajar disebabkan oleh perbedaan tingkah laku siswa yang kurang tertarik mengikuti pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Guru; Kesulitan belajar; Matematika; Operasi hitung; Bilangan bulat
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 13 Jun 2025 06:33
Last Modified: 13 Jun 2025 06:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26632

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics