Implementasi metode bernyanyi berbantu media audio visual dalam pembelajaran matematika siswa kelas II MI NU 17 Kebonharjo Kendal tahun ajaran 2024/2025
Muntoya, Oriza Fadhlu (2024) Implementasi metode bernyanyi berbantu media audio visual dalam pembelajaran matematika siswa kelas II MI NU 17 Kebonharjo Kendal tahun ajaran 2024/2025. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of Skripsi_2003096022_Oriza Fadhlu Muntoya_Lengkap]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2003096022_Oriza Fadhlu Muntoya_Lengkap Tugas Akhir - Oriza Fadhlu Muntoya.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Metode dan media pembelajaran merupakan alat pendidikan yang berperan penting untuk meningkatkan mutu pembelajaran dan kompetensi peserta didik menguasai materi pelajaran. Penelitian ini difokuskan untuk mengkaji permasalahan tentang implementasi metode bernyanyi berbantu media audio visual dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas II MI NU 17 Kebonharjo Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2024/2025.
Skripsi ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang mengambil objek penelitian pada siswa kelas II MI NU 17 Kebonharjo. Sumber data primer diperoleh dari guru matematika dan siswa melalui observasi, interview, dan dokumentasi. Sumber data skunder diambil dari kepala madrasah, buku literature, dan sebagainya. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif model Miles dan Huberman.
Pembahasan hasil penelitian, 1) Implementasi metode menyanyi berbantu media audio visual dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas 2 MI NU 17 Kebonharjo secara umum telah diterapkan dengan baik. Indikator keberhasilan tersebut terlihat dari kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran mulai dari menyiapkan metode bernyanyi dan media audio visual pada perencanaan pembelajaran matematika, menerapkannya dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas, dan melakukan evaluasi untuk mengukur keberhasilannya. Penggunaan metode ini mampu meningkatkan keaktivan dan kompetensi belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika materi perkalian; dan 2) Respon siswa terhadap implementasi metode bernyanyi berbantu media audio visual dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas 2 MI NU 17 Kebonharjo mendapat respon yang positif dari peserta didik. Respon positif tersebut ditunjukkan dengan apresiasi siswa yang merasa senang, dapat belajar dengan santai, semangat dan memahami materi pelajaran yang diberikan. Simpulan ini dibuktikan dengan peningkatan keaktivan dan kompetensi belajar siswa dalam pembelajaran matematika di kelas 2 MI NU 17 Kebonharjo.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode bernyanyi; Media audio visual; Pembelajaran matematika |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 16 Jun 2025 07:31 |
Last Modified: | 16 Jun 2025 07:31 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26647 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year