Analisis strategi pembelajaran bangun ruang kelas VI-A di Madrasah Ibtidaiyah Miftahus Sibyan Tugurejo dan Sekolah Dasar Muhammadiyah Plus Semarang

Rahmawati, Maulidia (2024) Analisis strategi pembelajaran bangun ruang kelas VI-A di Madrasah Ibtidaiyah Miftahus Sibyan Tugurejo dan Sekolah Dasar Muhammadiyah Plus Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2003096053_Maulidia Rahmawati_Full] Text (Skripsi_2003096053_Maulidia Rahmawati_Full)
Skripsi_2003096053_Maulidia Rahmawati_Full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran bangun ruang kelas VI-A di MI Miftahus Sibyan Tugurejo dan SD Muhammadiyah Plus Semarang serta faktor pendukung dan penghambat dalam penggunaan strategi tersebut. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui wawancara guru dan siswa, observasi lapangan, dan dokumentasi, dengan peneliti sebagai instrumen kunci. Keabsahan data penelitian diuji dengan triangulasi dan dianalisis dengan teknik Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran seperti cooperative learning digunakan guru kelas VI-A di MI Miftahus Sibyan Tugurejo dan discovery learning digunakan guru kelas VI-A di SD Muhammadiyah Plus Semarang. Guru di kelas VI-A dikedua sekolah tersebut menggunakan berbagai media pembelajaran baik digital maupun non digital dan memberikan tugas seperti lembar kerja siswa atau kuis di akhir pembelajaran bangun ruang. Faktor pendukung seperti profesionalitas guru dan sarana prasarana yang memadai mendukung keberhasilan proses pembelajaran, meskipun terdapat tantangan seperti keterbatasan penalaran siswa dan kesulitan siswa dalam memahami konsep bangun ruang yang perlu ditangani lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bangun ruang; Strategi pembelajaran; Madrasah Ibtidaiyah;Sekolah Dasar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 26 Jun 2025 01:39
Last Modified: 26 Jun 2025 01:39
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26703

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics