Komparasi problematika pembelajaran anak berkebutuhan khusus disleksia : studi kasus di TK Pertiwi 2 Ringinharjo Grobogan Dan Ra Perwanida 18 Jungsemi Kendal
Aini, Fina Qurota (2024) Komparasi problematika pembelajaran anak berkebutuhan khusus disleksia : studi kasus di TK Pertiwi 2 Ringinharjo Grobogan Dan Ra Perwanida 18 Jungsemi Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of Skripsi_1903106061_Fina Qurota Aini_Full]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_1903106061_Fina Qurota Aini_Full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Peneliti menemukan problem dan kendala di sekolah TK Pertiwi 2 Ringinharjo Grobogan dan RA Perwanida 18 Jungsemi Kendal, tentang bagaimana proses pembelajaran siswa ABK dan problematika apa saja yang dihadapi oleh guru dalam pembelajaran siswa ABK di TK Pertiwi 2 Ringinharjo Grobogan dan RA Perwanida 18 Jungsemi Kendal.
Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sumber data diperoleh dari dua subjek yaitu TK Pertiwi 2 Ringinharjo Grobogan dan RA Perwanida 18 Jungsemi Kendal.
Hasil kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran di TK Pertiwi 2 Ringinharjo Grobogan dan RA Perwanida 18 Jungsemi Kendal yaitu guru memberikan bimbingan khusus kepada siswa disleksia. Proses pembelajaran dilakukan seperti pembelajaran baca, tulis, berhitung, olahraga dan cara bersosialisasi. Guru memberikan materi sesuai dengan kurikulum regular. Jadi pembelajaran siswa disleksia mengikuti siswa regular. Namun, tentu ada penyederhanan untuk siswa disleksi seperti kemampuan bernalar. Guru menggunakan metode secara langsung dengan bahasa yang mudah dipahami oleh siswa disleksia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Anak berkebutuhan khusus; Siswa |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 03:23 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 03:23 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26934 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year