Implementasi kreasi karya seni rupa dengan teknik paperquilling dalam stimulasi perkembangan motorik halus anak usia dini di TK Bunga Harapan Semarang
Zulfa, Timyta Indana (2024) Implementasi kreasi karya seni rupa dengan teknik paperquilling dalam stimulasi perkembangan motorik halus anak usia dini di TK Bunga Harapan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of Skripsi_1903106065_Timyta Indana Zulfa_Lengkap]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_1903106065_Timyta Indana Zulfa_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh suatu gambaran tentang Implementasi Kreasi Karya Seni Rupa Dengan Teknik Paperquilling Dalam Stimulasi Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Di TK Bunga Harapan Semarang.
Terdapat berbagai macam kegiatan permainan edukatif untuk mengembangkan kemampuan motorik halus anak. Salah satu bentuk kegiatan yang dapat diterapkan di taman kanak kanak ialah melalui kreasi karya seni dengan paperquilling. Paperquilling merupakan suatu kegiatan bermain dan belajar dengan membuat sebuah kerajinan yang berbahan baku utama berupa kertas kokoru.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang datanya diperoleh dengan cara wawancara, observasi, dokumentasi dan triangulasi, serta dianalisis dengan teknik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi pengembangan motorik halus anak usia dini melalui kreasi karya seni rupa dengan teknik paperquilling di TK Bunga Harapan Semarang dapat merangsang perkembangan motorik halus pada anak yang dapat dilakukan dengan adanya pendampingan belajar dari guru dalam mengembangkan fisik motorik halus anak. Adapun faktor yang menghambat pengembangan motorik halus anak usia dini melalui kreasi karya seni rupa dengan paperquilling, di antaranya pertama, kurang hasrat dan keinginan yang kuat anak TK Bunga Harapan mengikuti aktivitas kreasi karya seni rupa dengan paperquilling. Kedua, kurang maksimalnya motivasi guru untuk anak dalam melaksanakan kegiatan yang berhubungan dengan motorik halus dalam kreasi karya seni rupa dengan paperquilling. Ketiga, kurang motivasi berlatih anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motorik halus; Anak usia dini; Paperquilling |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 03:38 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 03:38 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26935 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year