Upaya meningkatkan kemampuan mengenal warna melalui metode eksperimen pada anak di TK B Dharma Wanita Sumberagung Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan
Khoirunisa, Sabrinanada (2024) Upaya meningkatkan kemampuan mengenal warna melalui metode eksperimen pada anak di TK B Dharma Wanita Sumberagung Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of Skripsi_2003106009_SABRINANADA KHOIRUNISA_ Lengkap]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_2003106009_SABRINANADA KHOIRUNISA_ Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh kemampuan mengenal warna pada anak usia 5-6 tahun yang masih rendah, kurangnya kemampuan mengenal warna melalui metode eksperimen pada anak di TK B Dharma Wanita Sumberagung Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan mengenal warna melalui metode eksperimen pada anak di TK B Dharma Wanita Sumberagung Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya meningkatkan kemampuan mengenal warna melalui metode eksperimen meliputi pewarna makanan, cat air, tepung, air, stik es krim dan tisu. Serta mengetahui upaya yang dilakukan guna meningkatkan kemampuan mengenal warna melalui metode eksperimen pada anak di TK B Dharma Wanita Sumberagung Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan dapat meningkat.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada Kelompok B Dharma Wanita Sumberagung Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan, dengan jumlah 14 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengenal warna anak kelompok B pada kondisi awal masih sangat minim.
Berdasarkan pada hasil penelitian kemampuan mengenal warna hasil rata rata 44,6% dari 14 anak. Setelah dilakukannya tindakan penelitian kemampuan mengenal warna dengan kegiatan eksperimen siklus I dilakukan sebanyak 2 kali pertemuan dengan mendapatkan hasil rata-rata 56,3% dari 14 anak dan hasil rata-rata tersebut belum mencapai indikator keberhasilan indikator keberhasilan adalah 75%. Kemudian dilakukan penelitian dengan menggunakan siklus II dengan 2 pertemuan dari pertemuan tersebut mengalami peningkatan dengan hasil rata-rata 80,6% dari 14 anak. Pada siklus II sudah mencapai hasil indikator yang diinginkan dengan nilai 75%. Perolehan persentase pada siklus II membuktikan bahwa penelitian ini telah mencapai indikator keberhasilan yaitu kemampuan mengenal warna pada anak mengalami peingkatan ≤ 80%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mengenal warna; Metode eksperimen |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 01:26 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 01:26 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27004 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year