Penggunaan media kartu bergambar untuk pengenalan kosakata bahasa inggris di TK Mardisiwi

Suryani, Rosy (2024) Penggunaan media kartu bergambar untuk pengenalan kosakata bahasa inggris di TK Mardisiwi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2003106018_Rosy Suryani_Lengkap] Text (Skripsi_2003106018_Rosy Suryani_Lengkap)
Skripsi_2003106018_Rosy Suryani_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Pengenalan kosakata bahasa Inggris untuk anak usia dini penting diajarkan terlebih di era globalisasi kali ini. Kreativitas pendidik menjadi salah satu kunci dalam pembelajaran anak yang menyenangkan. Penggunaan media kartu bergambar dapat menjadi salah satu media yang disenangi anak. Anak dapat bermain sambil belajar. Penelitian ini bermaksud melihat potret penggunaan media kartu untuk mengenalkan kosakata bahasa Inggris di TK Mardisiwi.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model analisis data Miles dan Huberman.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini tentang pengenalan kosa kata bahasa Inggris anak melalui media kartu bergambardi TK Mardisiwi bahwa penguasaan kosa kata bahasa inggris anak melalui media kartu bergambar berkembang baik yang diajarkan dengan menunjukan gambar yang berisi kosa kata bahasa Inggris di dalamnya, menebak gambar yang ada pada kartu bergambar dan menyebutkan satu persatu gambar yang di tunjukan guru di depan menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, serta percakapan antara guru dan anak menggunakan kalimat-kalimat sederhana dalam bahasa Inggris. Selain itu, guru mengajarkan bunyi bacaan yang baik dan benar dalam bahasa inggris dan mengenalkan anak huruf abjad dalam bahasa Inggris agar anak lebih mudah menguasai kosa kata bahasa Inggris dengan memulai dari bagian awal bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media kartu bergambar; Pengenalan kosakata; Bahasa Inggris; Anak usia dini
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 22 Jul 2025 02:26
Last Modified: 22 Jul 2025 02:26
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27013

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics