Early childhood education institution strategies in maximizing community support
Nadia, Isma Qotrun (2024) Early childhood education institution strategies in maximizing community support. KINDERGARTEN, 7 (1). pp. 1-11. ISSN 2621-0770
Artikel_2103106066_ISMA QOTRUN NADIA_LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
Pemberdayaan masyarakat penting untuk memaksimalkan dukungan masyarakat dalam mewujudkan Pendidikan yang berkualitas. Tulisan ini ditunjukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Memaksimalkan Dukungan Masyarakat. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis dengan tahapan reduksi data, display data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa usaha pemberdayaan masyarakat oleh TK Darul Hasanah diimplementasikan dalam 3 program antara lain: 1) Mengirimkan guru untuk mengisi workshop. 2) Memberi pelatihan kepada kader-kader PKK. 3) Melakukan kerjasama dengan lembaga lain yaitu puskesmas. Pemberdayaan masyarakat yang dilakukan Darul Hasanah Kindergarten pada skala mezzo dan Mikro dengan pendekatan Partisipatif, Pendekatan Berkelanjutan dan pendekatam kolaboratif. Serta menggunakan dua strategi , yaitu melalui aksi osial dan melalui pendidikan atau pemberdayaan. Dampak maupun implikasi kepada lembaga yang dihasilkan dari upaya pemberdayaan tersebut adalah adanya peningkatan jumlah peserta didik tiap tahun, perkembangan dan pertumbuhan anak meningkat berdasarkan profil kelulusan, dan presentase masyarakat yang mengetahui tentang lembaga meningkat.
| Item Type: | Article |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Pemberdayaan masyarakat; Lembaga pendidikan; Anak usia dini |
| Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
| Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
| Date Deposited: | 30 Oct 2025 01:39 |
| Last Modified: | 30 Oct 2025 01:39 |
| URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27099 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
