Dirāsah taḥlīliyyah ‘an kitāb madrasī “al-Lugah al-‘Arabiyah li Ṣaff Ṡāmin” li madrasah “Kyi Ageng Giri” al-mutawassiṭah Mranggen Demak min nāḥiyatai al-māddah wa al-ṭarīqah
Hana, Siti (2014) Dirāsah taḥlīliyyah ‘an kitāb madrasī “al-Lugah al-‘Arabiyah li Ṣaff Ṡāmin” li madrasah “Kyi Ageng Giri” al-mutawassiṭah Mranggen Demak min nāḥiyatai al-māddah wa al-ṭarīqah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
103211045_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
103211045_Bab1.pdf - Submitted Version
Download (1MB) | Preview
103211045_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
103211045_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
103211045_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
103211045_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (441kB) | Preview
103211045_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (297kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui materi dalam buku ajar “Bahasa Arab Kelas VII” Sekolah Menengah Pertama (SMP) Ky Ageng Giri Mranggen Demak 2) Untuk mengetahui metode yang digunakan dalam penyajian materi dalam buku ajar “Bahasa Arab Kelas VII” Sekolah Menengah Pertama (SMP) Ky Ageng Giri Mranggen Demak 3) untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dalam buku ajar “Bahasa Arab Kelas VII” Sekolah Menengah Pertama (SMP) Ky Ageng Giri Mranggen Demak.
Untuk mendapatkan data-data yang berkenaan dengan skripsi ini peneliti menggunakan metode studi kepustakaan, wawancara dan dokumentasi. Kemudian menganalisis dengan metode analisis isi (content analysis).
Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa materi yang terdapat dalam buku ajar “Bahasa Arab Kelas VII” Sekolah Menengah Pertama (SMP) Ky Ageng Giri Mranggen Demak didasarkan pada kurikulum Sekolah Menengah Pertama (SMP) Ky Ageng Giri. Buku ajar ini memuat enam bab, tiga bab untuk semester ganjil dan tiga bab berikutnya untuk semester genap. Buku ini telah sesuai dengan prinsip dalam pengembangan buku ajar yaitu prinsip kesesuaian/ relevansi dengan Standar Kompetensi (SK) dan Kompetendi Dasar (KD), prinsip konsistensi (consistency) dan kecukupan (adequacy).
Metode yang digunakan dalam buku ajar ini adalah metode gabungan (ecletic method) dengan sistem kesatuan (united system), yaitu penyajian unit-unit materi dalam satu buku ajar yang terdiri dari materi percakapan (hiwar), susunan kaidah (tarkib), tulisan (kitabah), dan hafalan (mahfudzat) supaya peserta didik mampu menguasai pelajaran Bahasa Arab baik secara lisan maupun tulisan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Dr. Hamdani Mu'in, M.Ag.; Rosyidi, M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Buku Ajar; Bahasa Arab |
Subjects: | 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Arabic |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 88204 - Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 24 Nov 2014 02:02 |
Last Modified: | 24 Nov 2014 02:02 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2723 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year