Analisis kemampuan pemahaman konsep matematika dalam menyelesaikan soal tipe HOTS pada materi himpunan kelas VII A MTs Plus AL- Bukhori Brebes
Pangesti, Ismi Khoerunnisa Anggun (2024) Analisis kemampuan pemahaman konsep matematika dalam menyelesaikan soal tipe HOTS pada materi himpunan kelas VII A MTs Plus AL- Bukhori Brebes. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of Skripsi_1708056043_Ismi Khoerunnisa AP_Lengkap]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_1708056043_Ismi Khoerunnisa AP_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik khususnya pada soal tipe HOTS. Tujuan pada penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik pada soal tipe HOTS yang berfokus pada materi himpunan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek pada penelitian ini ialah peserta didik kelas VII A MTs Plus Al Bukhori Brebes. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi, tes uraian, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematis adalah 40,97% masuk dalam kategori sedang. Kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik kelas VII A MTs Plus Al Bukhori termasuk dalam kategori sedang. Kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik kelas atas termasuk dalam kategori tinggi menunjukkan hasil yang cukup baik. Kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik kelas tengah termasuk dalam kategori sedang menunjukkan hasil yang kurang baik. Kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik kelas bawah termasuk dalam kategori rendah menunjukkan hasil yang sangat kurang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konsep matematika; Soal tipe HOTS; Himpunan |
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 511 General principles |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 03 Sep 2025 04:08 |
Last Modified: | 03 Sep 2025 04:08 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27498 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year