Efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan aplikasi Phyphox terhadap pemahaman konsep siswa kelas VIII materi getaran dan gelombang
Paramita, Heiras Pradjna (2024) Efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan aplikasi Phyphox terhadap pemahaman konsep siswa kelas VIII materi getaran dan gelombang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of Skripsi_1708066015_Heiras_Pradjna_Paramita]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_1708066015_Heiras_Pradjna_Paramita.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbantuan aplikasi Phyphox terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi getaran dan gelombang, mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dan respons siswa terhadap model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbantuan aplikasi Phyphox. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Penelitian menggunakan kelas eksperimen dengan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbantuan aplikasi Phyphox dan kelas kontrol dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Teknik analisis yang digunakan berupa uji homogenitas, uji normalitas, dan uji t satu pihak (pihak kanan), uji N-Gain, uji keterlaksanaan pembelajaran, uji respons siswa. Hasil penelitian menunjukkan uji t satu pihak (pihak kanan) dengan ttabel 2,045 ; thitung 2,174 ; dan nilai signifikansi 0,038. Nilai thitung > ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbantuan aplikasi Phyphox lebih efektif digunakan daripada model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Hal ini didukung dengan nilai N-Gain pada kelas eksperimen (0,63) yang lebih besar dibandingkan dengan nilai N-Gain kelas kontrol (0,52), dan analisis efektivitas pada kelas eksperimen menunjukkan persentase sebesar 63%, sehingga model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbantuan aplikasi Phyphox dikatakan cukup efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep. Model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbantuan aplikasi Phyphox dapat terlaksana sangat baik dengan persentase 94,45% dan memiliki respons dari siswa dengan persentase sebesar 85,11% dalam kriteria sangat baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Inkuiri terbimbing; Aplikasi Phyphox; Pemahaman konsep; Getaran; Gelombang; Siswa kelas VIII |
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 534 Sound and related vibrations |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 12 Sep 2025 01:01 |
Last Modified: | 12 Sep 2025 01:01 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27599 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year