Implementasi model problem solving berbantuan software tracker untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi materi gerak parabola pada siswa kelas X

Nurmarisa, Nurmarisa (2023) Implementasi model problem solving berbantuan software tracker untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi materi gerak parabola pada siswa kelas X. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1708066068_Nurmarisa] Text (Skripsi_1708066068_Nurmarisa)
Skripsi_1708066068_Nurmarisa.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran fisika di MA Roudlotul Muttaqin Mranggen Demak adalah rendahnya rendahnya kemampuan berpikir tingkat tinggi. Penelitian ini bertujuan pengaruh model Problem Solving berbantuan Software Tracker untuk meningkatkan berpikir tingkat tinggi peserta didik pada materi Gerak Parabola. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain non-equivalent control group design. Teknik pengumpulan data melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode problem solving berbantuan software tracker menghasilkan adanya meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Nilai rata-rata sebelum menggunakan metode problem solving sebesar 46,8%, sedangkan setelah menggunakan metode pembelajaran problem solving mengalami peningkatan sebesar 78%. Metode problem solving dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi materi gerak parabola kelas X MA Roudlotul Muttaqin.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Problem solving; Software Tracker; Kemampuan berpikir tingkat tinggi; Gerak parabola; Siswa kelas X
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 531 Classical mechanics Solid mechanics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 12 Sep 2025 03:38
Last Modified: 12 Sep 2025 03:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27615

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics