Penerapan model pembelajaran argument driven inquiry (ADI) untuk meningkatkan prestasi belajar kognitif siswa SMA materi energi kelas XI
Basri, Fauzan Aninnajib (2024) Penerapan model pembelajaran argument driven inquiry (ADI) untuk meningkatkan prestasi belajar kognitif siswa SMA materi energi kelas XI. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of Skripsi_1908066013_Fauzan_Aninnajib_Basri]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_1908066013_Fauzan_Aninnajib_Basri_2.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini merupakan penerapan model pembelajaran Argument Driven Inquiry untuk meningkatkan Prestasi Belajar kognitif belajar siswa SMA materi Energi kelas XI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan model pembelajaran Argument Driven inquiry terhadap peningkatan prestasi belajar kognitif siswa SMA Kelas XI materi Energi. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI SMA Negeri Boja Kendal tahun ajaran 2023/2024, sampel penelitian pada penelitian ini yaitu kelas XI D dan kelas XI E. Sampel penelitian ini menggunakan teknik random sampling dengan Stratified random sampling. Hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen sebesar 80,28, sedangkan nilai rata-rata posstest pada kelas kontrol sebesar 75,94. Hasil nilai rata-rata tersebut adanya peningkatan terhadap prestasi hasil kognitif siswa. Skor N-Gain yang didapatkan adalah 0,55 yang termasuk kategori “Sedang”, persentase yang didapatkan sebesar 55,29 % dan termasuk dalam kategori “Cukup Efektif”. Model pembelajaran Argument Driven Inquiry pada materi energi memiliki respon siswa sebesar 97%, sehingga respon siswa terhadap model pembelajaran Argument Driven Inquiry berada pada kategori sangat baik (SB).
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul pembelajaran; Argument Driven Inquiry; Prestasi belajar Kognitif; Siswa kelas XI |
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 531 Classical mechanics Solid mechanics |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 12 Sep 2025 07:49 |
Last Modified: | 12 Sep 2025 07:49 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27629 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year