Pengembangaan modul digital pembelajaran fisika berbasis pendekatan konstruktivisme pada materi gelombang bunyi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik

Alfiana, Feby (2023) Pengembangaan modul digital pembelajaran fisika berbasis pendekatan konstruktivisme pada materi gelombang bunyi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908066021_Feby_Alfiana] Text (Skripsi_1908066021_Feby_Alfiana)
Skripsi_1908066021_Feby_Alfiana2.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan bahan ajar berupa modul digital pembelajaran fisika berbasis pendekatan konstruktivisme pada materi gelombang bunyi.Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar yang layak digunakan bagi peserta didik, mendapatkan respons peserta didik terhadap bahan ajar yang dikembangkan, dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik melalui bahan ajar yang dikembangkan. Metodologi penelitian ini menggunakan jenis Reseacrh and Development (RnD) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian yang digunakan merupakan peserta didik kelas XI MIPA MA NU 04 Al-Ma’arif Boja. Penelitian ini berhasil mengembangkan modul digital berbasis pendekatan konstruktivisme yang sangat layak digunakan berdasarkan validasi oleh ahli materi dan media dengan persentase berturut-turut 96% dan 95%. Modul digital berbasis pendekatan konstruktivisme berhasil mendapatkan respons positif dari peserta didik dengan persentase respons 70,89%. Modul digital berbasis pendekatan konstruktivisme juga berhasil meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik ditunjukkan dengan gain score sebesar 0,32 berkriteria sedang. Penelitian yang dapat disimpulkan adalah modul digital pembelajaran fisika sangat layak digunakan, mendapatkan respons positif dari peserta didik, dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritris peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Modul digital; Pendekatan konstruktivisme; Berpikir kritis; Pembelajaran fisika; Gelombang bunyi
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 534 Sound and related vibrations
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 16 Sep 2025 01:54
Last Modified: 16 Sep 2025 01:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27640

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics