Pengembangan e-modul bermuatan etnosains materi hukum termodinamika (e-modul etno-termo) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa

Amaliyah, Nanda (2024) Pengembangan e-modul bermuatan etnosains materi hukum termodinamika (e-modul etno-termo) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908066032_Nanda_Amaliyah] Text (Skripsi_1908066032_Nanda_Amaliyah)
Skripsi_1908066032_Nanda_Amaliyah_2.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Keterampilan berpikir kritis merupakan keterampilan yang dibutuhkan oleh siswa dalam menghadapi persaingan pada era revolusi industri 4.0. E-modul yang disusun berdasarkan indikator keterampilan berpikir kritis dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan e-modul bermuatan etnosains materi hukum termodinamika E-Modul Etno-Termo, mendeskripsikan hasil analisis kelayakan E-Modul Etno-Termo, dan menganalisis peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu Research and Development (R&D) dan menerapkan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 MAN 2 Tegal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-Modul Etno-Termo didesain menggunakan platform Canva dan dibagikan dalam bentuk link website Heyzine dengan komponen yang terdiri dari sampul, kata pengantar, daftar isi, pendahuluan, kegiatan belajar (meliputi penjelasan materi, muatan etnosains daerah Tegal, video pembelajaran, rangkuman, tugas, latihan soal, dan penilaian diri) evaluasi, kunci jawaban, glosarium, dan daftar pustaka. E-Modul Etno-Termo layak digunakan dalam pembelajaran dengan persentase angket validasi e-modul sebesar 91% atau kategori sangat baik dan persentase angket respon siswa sebesar 86% atau kategori sangat baik. Keterampilan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan dengan skor N-Gain sebesar 0,77 atau kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: E-Modul; Etnosains; Berpikir kritis; Siswa; Hukum termodinamika
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 536 Heat
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 16 Sep 2025 02:36
Last Modified: 16 Sep 2025 02:36
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27645

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics