Pengembangan lembar kerja peserta didik elektronik berbasis science, environment, technology, and society (SETS) untuk meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik pada materi energi terbarukan

Kholifah, Eva Nur (2024) Pengembangan lembar kerja peserta didik elektronik berbasis science, environment, technology, and society (SETS) untuk meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik pada materi energi terbarukan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2008066001_Eva_Nur_Kholifah] Text (Skripsi_2008066001_Eva_Nur_Kholifah)
Skripsi_2008066001_Eva_Nur_Kholifah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini dilatarbelakangi oleh hasil pra penelitian bahwa kemampuan literasi sains peserta didik dalam pembelajaran fisika masih kurang. Ini disebabkan karena minat belajar peserta didik yang kurang pada materi fisika yang sulit dan belum terdapat Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik e-(LKPD) berbasis SETS yang ditawarkan sebagai alternatif penunjang peningkatan kemampuan literasi sains peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk berupa e-LKPD berbasis SETS pada materi energi terbarukan yang layak dan dapat membantu meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Subjek penelitian ini adalah 35 orang peserta didik dari tiap kelas X-5 (kelas kontrol) dan kelas X-11 (kelas eksperimen) SMA Negeri 9 Semarang. Karakteristik e-LKPD yang dikembangkan berupa flipbook digital yang menyajikan kegiatan belajar terintegrasi konten SETS yang kontekstual. Rata-rata hasil uji validasi oleh validator ahli materi dan media menunjukkan bahwa produk e-LKPD berbasis SETS mendapatkan kategori sangat layak dengan nilai persentase validitas 81,88% untuk digunakan sebagai bahan ajar. Hasil uji efektivitas e-LKPD mendapatkan kategori cukup efektif dengan nilai rata-rata persentase keefektifan 60,29% untuk meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: e-LKPD; SETS; Literasi sains; Energi terbarukan
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 531 Classical mechanics Solid mechanics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 16 Sep 2025 03:10
Last Modified: 16 Sep 2025 03:10
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27649

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics