Pengembangan instrumen PEMURESI untuk mengukur keterampilan multirepresentasi siswa SMA/MA pada materi momentum dan impuls

Khotimah, Khusnul (2024) Pengembangan instrumen PEMURESI untuk mengukur keterampilan multirepresentasi siswa SMA/MA pada materi momentum dan impuls. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2008066009_Khusnul_Khotimah] Text (Skripsi_2008066009_Khusnul_Khotimah)
Skripsi_2008066009_Khusnul_Khotimah_2.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini mengembangkan instrumen tes PEMURESI untuk mengukur keterampilan multirepresentasi siswa kelas XI peminatan fisika SMA Negeri 1 Semarang pada materi momentum dan impuls. Hal tersebut dilakukan karena keterampilan multirepresentasi siswa SMA Negeri 1 Semarang belum terukur secara keseluruhan dan maksimal terutama pada representasi verbal, gambar, persamaan, diagram, tabel, dan grafik. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kelayakan instrumen PEMURESI, mengukur keterampilan multirepresentasi siswa, dan mengetahui respons siswa terhadap instrumen yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah 4D tahap satu hingga tahap ke tiga. Teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah purposive sampling. Teknik pengambilan data menggunakan wawancara, tes, dan angket. Instrumen tes PEMURESI telah diuji kelayakannya oleh ahli dan telah dilakukan uji coba skala kecil pada siswa. Berdasarkan hasil uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda soal diperoleh 25 butir soal layak yang digunakan di lapangan. Hasil keterampilan multirepresentasi kelas XI peminatan fisika SMA Negeri 1 Semarang berada pada kategori sangat baik dengan persentase 44,45%, baik 46,97%, cukup 6,06%, kurang 1,52%, dan kategori normal berdasarkan analisis wright map menggunakan rasch model. Rerata persentase keseluruhan hasil keterampilan multirepresentasi siswa pada kategori baik dengan persentase 76,89%. Hasil angket respons siswa terhadap instrumen multirepresentasi berada pada kategori sangat baik dengan persentase 83,69%. Berdasarkan hasil tersebut instrumen tes PEMURESI layak digunakan untuk mengukur keterampilan multirepresentasi siswa dibuktikan dengan keterampilan multirepresentasi siswa yang terukur secara baik dan respons siswa yang sangat baik terhadap instrumen yang dikembangkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Instrumen tes; Tes multirepresentasi; Momentum dan Impuls; Siswa SMA
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 16 Sep 2025 04:25
Last Modified: 16 Sep 2025 04:25
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27660

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics