Pengembangan e-modul Joule Scientific Inquiry (JSI) untuk meningkatkan keterampilan proses sains pada materi suhu dan kalor

Maulina, Umaiya (2024) Pengembangan e-modul Joule Scientific Inquiry (JSI) untuk meningkatkan keterampilan proses sains pada materi suhu dan kalor. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2008088047_Umaiya_Maulina] Text (Skripsi_2008088047_Umaiya_Maulina)
Skripsi_2008088047_Umaiya_Maulina.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengembangkan e-modul Joule Scientific Inquiry (JSI) pada materi suhu dan kalor yang layak digunakan, 2) untuk menganalisis peningkatan keterampilan proses sains siswa setelah penggunaan e-modul JSI pada materi suhu dan kalor, 3) untuk menelaah respon siswa setelah menggunakan e-modul JSI pada materi suhu dan kalor. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Kelayakan e-modul dinilai dari validasi ahli, peningkatan keterampilan proses sains dengan tes keterampilan proses sains, dan respon siswa dinilai dengan angket respon siswa. Uji coba produk dilakukan pada kelas XI Ma Darul Muna. Hasil penelitian didapatkan bahwa persentase kelayakan berdasarkan validasi ahli sebesar 91% dalam kategori “Sangat Baik”, Rata-rata indikator keterampilan proses sains meningkat dengan kategori “rendah” sebesar 0,20. Respon siswa terhadap e-modul sebesar 86% dengan kategori “Sangat Baik”. Hasil penelitian ini menunjukkan e-modul JSI kurang layak digunakan untuk pembelajaran pada materi suhu dan kalor karena peningkatannya dalam kategori rendah. Peningkatan keterampilan proses siswa kelas XI MA Darul Muna pada materi suhu dan kalor meningkat dan respon siswa terhadap penggunaan e-modul JSI dalam kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: E-modul; Joule Scientific inquiry; Proses sains; Suhu dan kalor
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 536 Heat
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 19 Sep 2025 08:30
Last Modified: 19 Sep 2025 08:30
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27743

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics