Pengaruh Atribut Produk Tabungan Terhadap Minat Nasabah Menabung di Bank BNI Syari’ah Cabang Semarang
Setyawan, Khafid (2013) Pengaruh Atribut Produk Tabungan Terhadap Minat Nasabah Menabung di Bank BNI Syari’ah Cabang Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam: Ekonomi Islam.
062411050_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (26kB) | Preview
062411050_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (76kB) | Preview
062411050_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (146kB) | Preview
062411050_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (405kB) | Preview
062411050_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (17kB) | Preview
062411050_bibliografi.pdf - Bibliography
Download (12kB) | Preview
Abstract
Atribut produk sangatlah penting untuk dijadikan dasar oleh konsumen dalam pembelian sebuah produk, sebab untuk melakukan pembelian konsumen akan bereaksi terhadap produk dengan segala atribut yang melekat didalamnya. kualitas atribut produk inilah yang merupakan penilaian menyeluruh atas keunggulan suatu perusahaan. atribut produk mempunyai pengaruh yang cukup besar dalam menentukan minat nasabah untuk menggunakan jasa dalam hal ini adalah menabung.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh atribut produk tabungan terhadap minat nasabah menabung di BNI syari’ah cabang semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara empiris apakah atribut produk tabungan berpengaruh terhadap minat nasabah menabung di BNI syari’ah cabang semarang.
Metodologi yang digunakan adalah : Pertama, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Kedua, objek penelitian adalah atribut produk tabungan dan minat nasabah menabung. Adapun subjek penelitian adalah nasabah BNI syari’ah cabang semarang sebagai unit yang dianalisis. Sampel penelitian sebanyak 100 nasabah dengan menggunakan sample random sampling. Ketiga, metode pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket), dokumentasi. Teknis analisis data adalah melalui uji validitas, uji reliabilitas, dan uji normalitas.
Hasil penelitian yang diolah dengan program SPSS versi 16.00 for windows menunjukkan bahwa atribut produk tabungan yang dilakukan di BNI syari’ah telah dilakukan dengan baik. Kemudian di uji dengan statistik menunjukkan bahwa variabel independen (atribut produk tabungan) terhadap variabel dependen (minat nasabah menabung) adalah signifikan. Ini ditunjukkan dengan lebih besarnya t hitung dengan t table (14,212 > 1,980).
Besarnya pengaruh sebagaimana dinotasikan oleh adalah 673 yang artinya variabel minat nasabah menabung dapat dijelaskan oleh variabel atribut produk tabungan sebesar 67,3% dan sisanya 32,7% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini. Sedangkan persamaan regresi yang diperoleh adalah Y= 2.014+0.909X.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Atribut Produk Tabungan ; Minat Nasabah Menabung |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > 60202 - Ekonomi Islam |
Depositing User: | Mohammad Kharisun |
Date Deposited: | 27 Nov 2013 04:14 |
Last Modified: | 27 Nov 2013 04:14 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/279 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year