Analisis kemampuan literasi sains pada konsep dasar IPA di SD Ummul Quro’ Semarang

Rosyid, Aliy Nuur (2025) Analisis kemampuan literasi sains pada konsep dasar IPA di SD Ummul Quro’ Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1803096102_Aliy Nuur Rosyid_Lengkap Tugas Akhir - Aliy Nuur Rosyid UIN Walisongo] Text (1803096102_Aliy Nuur Rosyid_Lengkap Tugas Akhir - Aliy Nuur Rosyid UIN Walisongo)
1803096102_Aliy Nuur Rosyid_Lengkap Tugas Akhir - Aliy Nuur Rosyid UIN Walisongo.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan literasi sains pada konsep dasar IPA serta faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi literasi siswa di Sekolah Dasar.
Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui soal test kepada siswa serta melakukan wawancara dengan siswa dan guru kelas 6.
Hasil dari penelitian menemukan bahwa ketercapaian literasi sains di SD Ummul Quro’ Semarang tergolong “baik” dengan presentase sebesar 78,06%. Soal test yang disusun menggunakan indikator penilaian literasi milik Chiappetta dan Koballa yang terdiri dari 4 indikator penilaian. Ketercapaian literasi sains yang tergolong baik ini juga dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu minat siswa terhadap pembelajaran IPA, kondisi kelas, konsentrasi belajar siswa, sumber belajar yang digunakan oleh siswa, faktor guru dalam menyampaikan pembelajaran di kelas, dan faktor orang tua siswa.
Faktor yang paling berpengaruh terhadap ketercapaian literasi sains pada konsep dasar IPA pada penelitian ini adalah konsentrasi siswa. Kebanyakan siswa salah dalam memahami permasalahan ataupun data yang disajikan dikarenakan kurang berkonsentrasi atau tergesa-gesa dalam mengerjakan soal literasi sains. Temuan ini diharapkan mampu untuk mengingatkan siswa untuk lebih berkonsentrasi dalam menghadapi permasalahan yang dihadapkan sehingga siswa dapat menyelesaikan masalah dengan solusi yang tepat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Literasi sains; Chiappetta; Koballa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 04 Dec 2025 03:15
Last Modified: 04 Dec 2025 03:23
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28532

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics