Pengaruh pendekatan keterampilan proses sains berbantu media domino terhadap penguasaan konsep IPAS Di MIM Jimbung Klaten
Rachmasari, Esti (2025) Pengaruh pendekatan keterampilan proses sains berbantu media domino terhadap penguasaan konsep IPAS Di MIM Jimbung Klaten. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
2103096094_Esti Rachmasari_Full Skripsi - Esti Rachmasari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini membahas rendahnya penguasaan konsep IPAS pada siswa kelas 4 di MIM Jimbung Klaten, yang terlihat dari hasil belajar siswa dan data PISA 2022. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendekatan Keterampilan Proses Sains (KPS) berbantu media domino terhadap pemahaman konsep IPAS.
Metode digunakan adalah quasi experimental design dengan instrumen tes pretest dan posttest yang terdiri dari (10 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian). Data dianalisis menggunakan Independent Sample Test dan uji ANCOVA untuk menguji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa t hitung (11,999) > ttabel (2,013) dan nilai Sig (2-tailed) 0,00 < 0,05, sehingga hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulannya, bahwa pendekatan Keterampilan Proses Sains berbantu media domino terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penguasaan konsep IPAS siswa di MIM Jimbung Klaten. Penguasaan konsep siswa dilihat dari hasil belajar siswa.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Konsep IPAS; siswa |
| Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
| Date Deposited: | 08 Dec 2025 03:37 |
| Last Modified: | 08 Dec 2025 03:37 |
| URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28638 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
