Pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantu media smart box terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika kelas V SD Muhammadiyah Plus Semarang

Fatihah, Hilwa Hidayatun (2025) Pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantu media smart box terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika kelas V SD Muhammadiyah Plus Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 2103096099_HILWA HIDAYATUN FATIHAH_LENGKAP TUGAS AKHIR - Fatihah hilwa] Text (2103096099_HILWA HIDAYATUN FATIHAH_LENGKAP TUGAS AKHIR - Fatihah hilwa)
2103096099_HILWA HIDAYATUN FATIHAH_LENGKAP TUGAS AKHIR - Fatihah hilwa.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantu media Smart Box serta untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam mata pelajaran matematika di kelas V SD Muhammadiyah Plus Semarang. Pengaruh pada penelitian ini ditunjukkan dengan nilai N-Gain dari pretest dan posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang diguanakan yaitu dokumentasi dan tes. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VB sebanyak 26 siswa dan VA terdiri dari 26 siswa. Dimana kelas VB sebagai kelas eksperimen dan VA sebagai kelas kontrol.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil nilai rata-rata posttest kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen 76,80 dan kelas kontrol 59,61. Berdasarkan perhitungan uji perbedaan rata-rata (analisis hipotesis) diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 6,377 > 2,008, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil uji N-Gain diperoleh nilai N-Gain kelas eksperimen 0,50 dengan kriteria sedang. Hal tersebut menujukkan bahwa pembelajaran Problem Based Learning berbantu media Smart Box berperngaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di kelas V SD Muhammadiyah Plus Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Problem based learning; Pembelajaran matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 08 Dec 2025 03:48
Last Modified: 08 Dec 2025 03:48
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28641

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics