Peran tutor dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama dan sikap toleransi pada anak usia dini di Pos PAUD Putra Angkasa Semarang

Sahilah, Sarah (2024) Peran tutor dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama dan sikap toleransi pada anak usia dini di Pos PAUD Putra Angkasa Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1903106032_Sarah Sahilah_Full Skripsi - Sarah Sahilah] Text (1903106032_Sarah Sahilah_Full Skripsi - Sarah Sahilah)
1903106032_Sarah Sahilah_Full Skripsi - Sarah Sahilah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Judul : PERAN TUTOR DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DAN SIKAP TOLERANSI BERAGAMA DI POS PAUD PUTRA ANGKASA SEMARANG
Penulis : Sarah Sahilah
NIM : 1903106032
Guru memiliki peran penting dalam mengajarkan pembentukan karakter pada anak. Terlebih dilingkungan sekolah yang telah menciptakan pembelajaran yang berkualitas sesuai karakter dan kebutuhan anak. Guru menerapkan sikap toleransi beragama, sehingga anak terbiasa untuk saling menghormati, saling menghargai, dan saling menerima satu dengan yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan peran guru dalam menanamkan moderasi beragama untuk membangun sikap toleransi pada anak usia dini di Pos PAUD Putra Angkasa Semarang.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini difokuskan pada peran guru di Pos PAUD Putra Angkasa. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) peran guru dalam menanamkan moderasi beragama untuk membangun sikap toleransi pada anak usia dini di Pos PAUD Putra Angkasa Semarang sudah cukup baik. Peran guru sebagai demonstrator, evaluator, administrator, pengelola kelas, dan fasilitator. 2) faktor pendukung dalam peran guru menanamkan moderasi antara lain: guru agama, guru yang kreatif dan terfasilitasi, dan media pembelajaran berbasis digital juga benda konkret.
Sedangkan faktor penghambat dalam peran guru dalam menanamkan moderasi beragama antara lain: alokasi waktu yang terbatas, kurangnya kerja sama pendidik dan orang tua peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Guru; Moderasi beragama; Sikap toleransi; Anak usia dini
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 11 Dec 2025 02:12
Last Modified: 11 Dec 2025 02:12
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28760

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics