Upaya mengembangkan kemampuan kognitif anak usia dini melalui learning cycles di TK IT Mona School
Arifah, Riska Hidayatul (2025) Upaya mengembangkan kemampuan kognitif anak usia dini melalui learning cycles di TK IT Mona School. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_Riska Hidayatul Arifah_2003106066 (2) - RISKA HIDAYATUL ARIFAH UIN Walisongo Semarang(1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
Kemampuan kognitif merupakan aspek penting dalam perkembangan anak usia dini karena menjadi dasar pembelajaran, di TK IT Mona School menerapkan learning sycles sebagai upaya mengembangkan kemampuan kognitif anak usia dini yang dirancang untuk merangsang kemampuan berpikir anak melalui tahapan exploring, planning, doing, communication, dan evaluation penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajarn learning cycles dan mendeskripsikan kemampuan kognitif anak melalui metode lerarning cycles di TK IT Mona School.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif, tempat penelitian di TK IT Mona School dengan menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data mengunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data meliputi triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data, menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini pertama pembelajaran learning cycles di TK IT Mona School tidak diterapkan setiap hari yang disesuaikan dengan rencana pelaksanaan pembelajaran harian serta kondisi dan situasi yang terjadi di kelas. Learning cycles diterapkan dalam kegiatan pembelajaran berbasis projek, anak belajar secara aktif dan membangun pemahaman konsep melalui pengalaman langsung. Kedua hasil penelitian ini menunjukkan bahwa learning cycles berdampak positif dengan anak terbiasa berfikir dalam memecahkan masalah sederhana, mengklasifikasi objek, mengenal angka dan menunjukkan daya ingat yang baik. Dengan demikian, learning cycles dapat menjadi pendekatan pembelajaran yang efektif dalam mendukung perkembangan anak usia dini.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Learning cycles; Kemampuan kognitif; Anak usia dini |
| Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
| Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
| Date Deposited: | 11 Dec 2025 02:52 |
| Last Modified: | 11 Dec 2025 02:52 |
| URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28768 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year
