Strategi guru dalam mengatasi kecemasan diawal masuk sekolah pada anak usia 3-4 tahun di TK Husna Jaya Kec. Ngaliyan Kab. Semarang

Huraira, Izkia (2025) Strategi guru dalam mengatasi kecemasan diawal masuk sekolah pada anak usia 3-4 tahun di TK Husna Jaya Kec. Ngaliyan Kab. Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 2103106124_Izkia Huraira_Lengkap Tugas Akhir - Izkia Huraira] Text (2103106124_Izkia Huraira_Lengkap Tugas Akhir - Izkia Huraira)
2103106124_Izkia Huraira_Lengkap Tugas Akhir - Izkia Huraira.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Kecemasan yang dialami anak usia 3-4 tahun di awal masuk sekolah merupakan tantangan yang sering dihadapi oleh guru, termasuk di TK Husna Jaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam tentang anak yang mengalami kecemasan diawal masuk sekolah di TK Husna Jaya. Peneliti mencari bagaimana strategi guru dalam mengatasi kecemasan di awal masuk sekolah pada anak usia 3-4 tahun di TK Husna Jaya, apa bentuk reaksi yang timbul dari kecemasan di awal masuk sekolah pada anak usia 3-4 tahun di TK Husna Jaya, dan apa factor yang mempengaruhi kecemasan di awal masuk sekolah pada anak usia 3-4 tahun di TK Husna Jaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, penelitian ini difokuskan kepada anak usia 3-4 tahun di TK Husna Jaya. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik observasi digunakan untuk melihat bagaimana keadaan nyata dari anak yang memiliki kecemasaan saat masuk sekolah. Wawancara digunakan untuk mendapatkan keterangan tentang keadaan anak yang memiliki kecemasan dari guru. Yang terakhir Teknik dokumentasi peneliti gunakan untuk mendapatkan data-data dari TK Husna Jaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan guru meliputi pendekatan personal, seperti membangun hubungan emosional dengan anak, menciptakan suasana yang menyenangkan, serta melibatkan komunikasi antara guru dan orangtua anak untuk proses adaptasi anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Guru; Kecemasan; Anak usia dini
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 18 Dec 2025 01:59
Last Modified: 18 Dec 2025 01:59
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/28832

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics