Upaya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kompetensi dasar hukum Nun Sukun dan Tanwin dengan strategi PAIKEM tipe reading aloud kelas VII G semester 2 di SMP Negeri 16 Semarang

Muttaqin, Muttaqin (2010) Upaya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kompetensi dasar hukum Nun Sukun dan Tanwin dengan strategi PAIKEM tipe reading aloud kelas VII G semester 2 di SMP Negeri 16 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 3104364_Coverdll.pdf]
Preview
Text
3104364_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3104364_Bab 1.pdf]
Preview
Text
3104364_Bab 1.pdf - Accepted Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 3104364_Bab 2.pdf]
Preview
Text
3104364_Bab 2.pdf - Accepted Version

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of 3104364_Bab 3.pdf]
Preview
Text
3104364_Bab 3.pdf - Accepted Version

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of 3104364_Bab 4.pdf]
Preview
Text
3104364_Bab 4.pdf - Accepted Version

Download (58kB) | Preview
[thumbnail of 3104364_Bab 5.pdf]
Preview
Text
3104364_Bab 5.pdf - Accepted Version

Download (11kB) | Preview
[thumbnail of 3104364_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
3104364_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (14kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui penerapan pembelajaran PAI pokok bahasan hukum nun sukun dan tanwin dengan strategi PAIKEM tipe reading aloud dalam proses pembelajaran; (2) mengetahui apakah strategi PAIKEM tipe reading aloud dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII G SMP Negeri 16 Semarang semester 2 tahun ajaran 2009-2010 dengan jumlah siswa 30 orang yang terdiri dari 15 laki-laki dan 15 perempuan.

Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus mencakup empat tahapan kegiatan yaitu (1) Perencanaan (planning) yang meliputi identifikasi masalah, merumuskan masalah dan analisis penyebabnya, dan pengembangan intervensi (action/solution); (2) Pelaksanaan tindakan (acting) yaitu menerapkan strategi PAIKEM tipe reading aloud dalam pembelajaran PAI pokok bahasan hukum nun sukun dan tanwin; (3) Pengamatan (observing) terhadap pelaksanaan tindakan dalam proses pembelajaran dan pengumpulan data untuk mengetahui keberhasilan dari tindakan yang telah direncanakan; Refleksi (reflecting) yaitu pembahasan tentang perubahan yang terjadi pada siswa, suasana kelas (proses pembelajaran), dan guru untuk menentukan tindak lanjut dari suatu tindakan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif.
Data hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa meningkat. Hal ini dapat dilihat dari perbandingan nilai rata-rata siswa antara sebelum tindakan dan setelah tindakan dimana nilai rata-rata siswa sebelum tindakan hanya mencapai 65.16, sedangkan setelah tindakan nilai rata-rata siswa pada tes 1 (akhir siklus I) mencapai 68.33 dan tes 2 (akhir siklus II) mencapai 74.5. hasil tersebut sudah memenuhi ketentuan KKM yaitu 70.
Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa penerapan strategi PAIKEM tipe reading aloud dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII G SMP Negeri 16 Semarang pada pembelajaran PAI pokok bahasan hukum nun sukun dan tanwin dalam proses pembelajaran. Saran yang diajukan adalah strategi PAIKEM tipe reading aloud perlu dikembangkan pada topik atau materi lain yang sesuai dengan karakteristik strategi ini.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, peneliti, guru dan tenaga pendidik untuk menerapkan dan mengembangkan pembelajaran aktif dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Hj. Nur Asiyah, M.S.I.; Drs. H. Fatah Syukur, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Pendidikan Agama Islam; Ilmu Tajwid; PAIKEM; Reading Aloud
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 31 Dec 2014 09:06
Last Modified: 31 Dec 2014 09:06
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3190

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics