Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay-two stray (TS-TS) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik materi pokok segi empat kelas VII C MTs Taqwal Ilah Tembalang tahun pelajaran 2009/2010

Jupri, Jupri (2010) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay-two stray (TS-TS) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik materi pokok segi empat kelas VII C MTs Taqwal Ilah Tembalang tahun pelajaran 2009/2010. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_053511248_Jupri]
Preview
Text (SKRIPSI_053511248_Jupri)
3105248_Coverdll.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (152kB) | Preview
[thumbnail of 3105248_Bab1.pdf]
Preview
Text
3105248_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (283kB) | Preview
[thumbnail of 3105248_Bab2.pdf]
Preview
Text
3105248_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (283kB) | Preview
[thumbnail of 3105248_Bab3.pdf]
Preview
Text
3105248_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of 3105248_Bab4.pdf]
Preview
Text
3105248_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of 3105248_Bab5.pdf]
Preview
Text
3105248_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (15kB) | Preview
[thumbnail of 3105248_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
3105248_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (13kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TWO STAY TWO STRAY (TS-TS) dalam materi pokok segi empat (2) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TWO STAY TWO STRAY (TS-TS) dalam materi pokok segi empat kelas VII C MTs Taqwal Ilah Tembalang tahun pelajaran 2009-2010.
Penelitian ini menggunakan studi tindakan (action research) pada peserta didik kelas VII C MTs Taqwal Ilah Tembalang. Obyek penelitian ini adalah di MTs Taqwal Ilah Tembalang. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan satu kelas untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TWO STAY TWO STRAY (TS-TS) yaitu kelas VII C yang jumlahnya ada 41 peserta didik yang terdiri dari 18 putra dan 23 putri. Pengumpulan data menggunakan angket motivasi belajar dan tes evaluasi.
Data yang terkumpul dianalisis deskriptif sederhana. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu tahap prasiklus, siklus I dan siklus II. Pada tahap prasiklus, motivasi belajar peserta didik mempunyai prosentase 50% dan rata-rata hasil belajar 59.63 dengan ketuntasan klasikal 49,5%. Pada siklus I setelah dilaksanakan tindakan motivasi belajar peserta didik menjadi 45.56% dan rata-rata hasil belajar 68.14 dengan ketuntasan klasikal 51.21%. Sedangkan pada siklus II motivasi belajar peserta didik mengalami peningkatan yaitu dapat diprosentasekan menjadi 81.51% dan rata-rata hasil belajar peserta didik adalah 75.17 dengan ketuntasan klasikal 85.36%. Dari tiga tahap tersebut jelas bahwa ada peningkatan setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TWO STAY TWO STRAY (TS-TS) dengan sebelumnya.
Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti membuktikan bahwa ada peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif tipe TWO STAY TWO STRAY (TS-TS). Hasil penelitian tersebut diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada semua pihak (peserta didik, guru, orang tua) di MTs Taqwal Ilah Tembalang untuk dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika dan dapat memberikan dorongan atau motivasi belajar kepada peserta didik untuk senantiasa meningkatkan motivasi belajar untuk bisa berprestasi dan berkompetisi dengan sehat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: DR. H. Ruswan, M.A.; Hj. Minhayati Shaleh, S.Si., M.Sc
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Pembelajaran Kooperatif; Matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 31 Dec 2014 09:37
Last Modified: 23 Jun 2021 07:08
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3204

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics