Efektifitas penggunaan laboratorium alam di sekitar sekolah terhadap hasil belajar Biologi materi pokok saling ketergantungan dalam ekosistem pada siswa kelas VII SMP Nurul Islam Krapyak Semarang tahun pelajaran 2009/2010
Aryanto, Wahyu Dwi (2010) Efektifitas penggunaan laboratorium alam di sekitar sekolah terhadap hasil belajar Biologi materi pokok saling ketergantungan dalam ekosistem pada siswa kelas VII SMP Nurul Islam Krapyak Semarang tahun pelajaran 2009/2010. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
3105356_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (126kB) | Preview
3105356_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (36kB) | Preview
3105356_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (108kB) | Preview
3105356_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (349kB) | Preview
3105356_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (102kB) | Preview
3105356_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (13kB) | Preview
3105356_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (13kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektifitas penggunaan laboratorium alam di sekitar sekolah untuk pembelajaran biologi materi pokok saling ketergantungan dalam ekosistem. pada Siswa Kelas VII SMP Nurul Islam Krapyak Semarang Tahun Pelajaran 2009/2010 dengan penggunaan laboratorium alam disekitar sekolah pada materi pokok saling ketergantungan dalam ekosistem.
Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif dengan subjek penelitian peserta didik kelas VII A sebagai kelas control dan Kelas VII C sebagai kelas eksperimen SMP Nurul Islam Krapyak Semarang Tahun Pelajaran 2009/2010 dengan jumlah peserta didik sebanyak 72 anak.
Berdasarkan hasil analisis data penelitian diperoleh nilai rata-rata kelompok eksperimen 73, 444 dan rata-rata kelompok kontrol 73,472. Dengan standar deviasi 7.742. berdasarkan uji perbedaan rata-rata satu pihak yaitu uji pihak kanan Dengan taraf signifikansi = 5%, dk = 36+ 36-2 = 70. Peluang = 1- = 1-0,05 = 0,95 dari daftar distribusi t didapat ttabel =2,00. Berdasarkan perhitungan hasil penelitian diperoleh thitung = -0,015 dan ttabel = 2,00. Kriteria pengujian Ho diterima jika thitung < ttabel. Karena pada penelitian ini thitung < ttabel, maka Ho diterima dan Ha ditolak. artinya hasil belajar kelompok eksperimen tidak ada perbedaan dengan kelompok kontrol. Karena hasil belajar eksperimen dan kelompok kontrol tidak ada perbedaan maka dapat disimpulkan tidak dapat perbedaan hasil antara penggunaan laboratorium disekitar sekolah dengan metode konvensional materi pokok saling ketergantungan dalam ekosistem siswa kelas VII SMP Nurul Islam Krapyak Semarang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Laboratorium Alam; Hasil Belajar; Ekosistem; Biologi |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology > 577 Ecology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84205 - Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 05 Jan 2015 05:44 |
Last Modified: | 24 May 2021 03:54 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3218 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year