Pengaruh kemampuan pemahaman konsep, penalaran dan komunikasi terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VIII pada materi pokok Pythagoras di SMP Nusa Bangsa Demak tahun pelajaran 2010/2011

Sya’roni, Sya’roni (2010) Pengaruh kemampuan pemahaman konsep, penalaran dan komunikasi terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VIII pada materi pokok Pythagoras di SMP Nusa Bangsa Demak tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_05351136_Sya'roni]
Preview
Text (SKRIPSI_05351136_Sya'roni)
3105361_Coverdll.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 3105361_Bab1.pdf]
Preview
Text
3105361_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 3105361_Bab2.pdf]
Preview
Text
3105361_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of 3105361_Bab3.pdf]
Preview
Text
3105361_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (106kB) | Preview
[thumbnail of 3105361_Bab4.pdf]
Preview
Text
3105361_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 3105361_Bab5.pdf]
Preview
Text
3105361_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (29kB) | Preview
[thumbnail of 3105361_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
3105361_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (11kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) adakah pengaruh antara kemampuan pemahaman konsep (X1) terhadap kemampuan pemecahan masalah (Y); (2) adakah pengaruh antara kemampuan penalaran dan komunikasi (X2) terhadap kemampuan pemecahan masalah (Y); (3) adakah pengaruh kemampuan pemahaman konsep (X1), penalaran dan komunikasi (X2) secara bersama terhadap kemampuan pemecahan masalah (Y) peserta didik pada materi pokok Pythagoras.
Penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik korelasional. Subyek penelitian sebanyak 34 responden, menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan metode tes baik untuk mengumpulkan data aspek pemahaman konsep, penalaran dan komunikasi maupun data aspek pemecahan masalah. Instrumen yang dibuat berdasarkan indikator-indikator untuk masing-masing variabel dan kompetensi dasar pada materi pokok Pythagoras. Instrumen tes sebelum digunakan untuk mendapatkan data yang obyektif, terlebih dahulu dilakukan pengujian validitas, reliabilitas, taraf kesukaran dan daya beda soal.
Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan inferensi. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis korelasi dan regresi. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh antara kemampuan pemahaman konsep terhadap kemampuan pemecahan masalah. Hal ini ditunjukkan oleh koefisien korelasi pada taraf signifikansi dan koefisien determinasi . Hal ini menunjukkan bahwa 46,40% variasi skor kemampuan pemecahan masalah ditentukan oleh kemampuan pemahaman konsep melalui fungsi taksiran , (2) terdapat pengaruh antara kemampuan penalaran dan komunikasi terhadap kemampuan pemecahan masalah. Hal ini ditunjukkan oleh koefisien korelasi pada taraf signifikansi dan koefisien determinasi . Hal ini menunjukkan bahwa 37,60% variasi skor kemampuan pemecahan masalah ditentukan oleh kemampuan penalaran dan komunikasi melalui fungsi taksiran , (3) terdapat pengaruh antara kemampuan pemahaman konsep, penalaran dan komunikasi secara bersama-sama terhadap kemampuan pemecahan masalah. Hal ini ditunjukkan oleh koefisien korelasi pada taraf signifikansi Hal ini menunjukkan bahwa 61,40% variasi skor kemampuan pemecahan masalah ditentukan oleh kemampuan pemahaman konsep serta kemampuan penalaran dan komunikasi melalui fungsi taksiran .
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi guru bahwa kemampuan pemecahan masalah sangat dipengaruhi oleh kemampuan pemahaman konsep, penalaran dan komunikasi, sehingga guru diharapkan dapat memberi dorongan kepada peserta didik untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep serta penalaran dan komunikasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pythagoras; Penalaran; Strategi Pembelajaran; Matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 516 Geometry
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 05 Jan 2015 05:45
Last Modified: 26 Jun 2021 02:35
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3219

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics