Meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam materi pokok sejarah Nabi Muhammad SAW kelas VII A melalui metode the power of two and four di SMPN 2 Dukuhwaru Tegal
Solihati, Siti Nur Laeli (2010) Meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam materi pokok sejarah Nabi Muhammad SAW kelas VII A melalui metode the power of two and four di SMPN 2 Dukuhwaru Tegal. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
63111016_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (110kB) | Preview
63111016_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (100kB) | Preview
63111016_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (139kB) | Preview
63111016_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (66kB) | Preview
63111016_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (98kB) | Preview
63111016_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (18kB) | Preview
63111016_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (33kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran pada mata pelajaran PAI materi pokok sejarah Nabi Muhammad saw. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas VII A SMPN 2 Dukuhwaru Tegal.
Metode pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi , observasi dan tes. Prosedur kerja dalam penelitian ini adalah merupakan siklus kegiatan yang terdiri dari tiga siklus. Dimana tiap – tiap siklus melalui tahapan – tahapan yang harus ditempuh yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi. Kriteria ketuntasan adalah sebesar 70 dimana hasil belajar peserta didik dikatakan tuntas apabila memenuhi kriteria tersebut.
Hasil penelitian pada tahap pra siklus memperoleh nilai rata- rata sebesar 68,9 dengan prosentase 60% .Ini berarti kurang memenuhi kriteria. Pada siklus I memperoleh nilai rata – rata sebesar 77,71 dengan prosentase 80%. Pada siklus I ini sudah memenuhi KKM tetapi kenyataan yang ada masih ada beberapa peserta didik yang masih belum tuntas(belum memenuhi KKM) sehingga perlu diadakannya siklus berikutnya. Pada siklus yang ke II adalah memperoleh nilai rata – rata sebesar 90 dengan prosentase 94,28%. Artinya penelitian pada tahap ini sudah cukup sempurna karena peserta didik sudah memenuhi KKM semua. Sehingga, tidak perlu diadakan siklus berikutnya lagi.
Dengan penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan inovasi bagi civitas akademik, para mahasiswa dan para pendidik agar dapat meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan strategi pembelajaran the power of two and four.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Amin Farih, M.Ag.; Ismail SM, M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Agama Islam; Metode Pembelajaran; Hasil Belajar |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.6 Islamic history > 297.63 Muhammad the Prophet 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 06 Jan 2015 08:26 |
Last Modified: | 06 Jan 2015 08:26 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3246 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year