Pelaksanaan metode cerita dalam pembelajaran di PAUD Al-Wathoniyah Gemuh Kendal tahun pelajaran 2009/2010
Taulia, Aizatut (2010) Pelaksanaan metode cerita dalam pembelajaran di PAUD Al-Wathoniyah Gemuh Kendal tahun pelajaran 2009/2010. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
63111102_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (379kB) | Preview
63111102_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (56kB) | Preview
63111102_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (151kB) | Preview
63111102_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (63kB) | Preview
63111102_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (59kB) | Preview
63111102_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (13kB) | Preview
63111102_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (16kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: 1) Mengetahui pelaksanaan metode cerita dalam pembelajaran di PAUD Al-Wathoniyah Gemuh Kendal tahun pelajaran 2009/2010; 2) Mengetahui faktor-faktor apa yang menjadi penunjang dan penghambat pelaksanaan metode cerita dalam pembelajaran di PAUD Al-Wathoniyah Gemuh Kendal tahun pelajaran 2009/2010.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan metode penelitian deskriptif. Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif analisis. Pendekatan deskriptif analisis ini dapat dipandang sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan metode cerita dalam pembelajaran di PAUD Al-Wathoniyah Gemuh Kendal yang kami klasifikasikan pada Persiapan, Materi dan penyampaian, Alat Peraga dan Evaluasi kesemuanya sudah baik. Dalam hal Persiapan, pendidik PAUD Al-Wathoniyah sudah melakukan berbagai persiapan pribadi dan teknis secara optimal. Dalam hal Materi dan penyampaian, pendidik PAUD Al-Wathoniyah sudah sangat selektif, materi yang digunakan sudah variatif, berisi dan disampaikan dengan sangat baik, dalam hal Alat Peraga pendidik PAUD Al-Wathoniyah sudah menggunakan berbagai alat peraga yang efektif dan singkron dengan materi yang dibawakan serta kondisi perkembangan usia anak usia dini. Dalam hal Evaluasi, pendidik PAUD Al-Wathoniyah juga sudah mengupayakan berbagai hal untuk memperbaiki penyampaian ceritanya, Meskipun ada sebagian kecil pada klasifikasi tersebut yang perlu koreksi dan peningkatan, Tapi secara umum pelaksanaan metode cerita dalam pembelajaran di PAUD Al-Wathoniyah Gemuh Kendal sudah cukup bagus; 2)Pelaksanaan metode cerita dalam pembelajaran di PAUD Al-Wathoniyah Gemuh Kendal memiliki faktor-faktor penunjang antara lain Pendidik, Lingkungan dan Sumber belajar. Disamping itu juga memiliki faktor-faktor penghambat antara lain Hambatan Waktu, Hambatan Pengelolaan Kelas, Hambatan Evaluasi dan Hambatan Alat untuk Bercerita. Faktor penunjang dan penghambat hingga saat ini saling beriring.
Penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, tenaga pengajar, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Walisongo Semarang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Drs. H. Abdul Wachid, M.Ag.; Hj. Lift Anis Ma’shumah, M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran; Metode Cerita; Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 10 Jan 2015 01:23 |
Last Modified: | 10 Jan 2015 01:23 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3282 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year