Penerapan strategi cooperative learning tipe STAD (Student Team Achievement Devision) sebagai upaya meningkatkan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran aqidah akhlak materi pokok akhlak tercela terhadap sesama manusia di kelas VIII B semester genap MTs Nahdlatul Fatah Petekeyan Tahunan Jepara tahun pelajaran 2009/2010
Maisyaroh, Etik (2010) Penerapan strategi cooperative learning tipe STAD (Student Team Achievement Devision) sebagai upaya meningkatkan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran aqidah akhlak materi pokok akhlak tercela terhadap sesama manusia di kelas VIII B semester genap MTs Nahdlatul Fatah Petekeyan Tahunan Jepara tahun pelajaran 2009/2010. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
63111103_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (147kB) | Preview
63111103_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (44kB) | Preview
63111103_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (211kB) | Preview
63111103_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (68kB) | Preview
63111103_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (181kB) | Preview
63111103_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (16kB) | Preview
63111103_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (14kB) | Preview
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini adalah rendahnya keaktifan peserta didik dalam pembelajaran aqidah akhlak kelas VIII B MTs Nahdlatul Fata Petekeyan Tahunan Jepara, yang disebabkan oleh rendahnya kualitas yang dilakukan oleh pendidik yang kenyataannya merupakan orang yang secara langsung terlibat dalam pembelajaran, guru menggunakan strategi yang konvensional sehingga menimbulkan kebosanan peserta didik. Oleh karena itu perlu diadakannya penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dengan menerapkan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana penerapan strategi cooperative learning tipe STAD dalam pembelajaran aqidah akhlak materi pokok akhlak tercela terhadap sesama manusia di kelas VIII B MTs Nahdlatul Fata. 2) Apakah penerapan strategi cooperative learning tipe STAD dapat meningkatkan keaktifan peserta didik kelas VIII B MTs Nahdlatul Fata dalam pembelajaran aqidah akhlak materi pokok akhlak tercela terhadap sesama manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi Cooperative Learning tipe STAD dalam pembelajaran aqidah akhlak untuk meningkatkan keaktifan peserta didik kelas VIII B setelah strategi tersebut diterapkan.
Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII B MTs Nahdlatul Fata Petekeyan Tahunan Jepara yang berjumlah 40 peserta didik. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari; 1) Planning (rencana). 2) Action (tindakan). 3) Observation (pengamatan). dan 4) Reflection.
Dari hasil penelitian diperoleh: Hasil pengamatan pada siklus I yakni rata-rata aktivitas peserta didik dengan guru adalah 61,25% dan rata-rata aktivitas peserta didik dengan peserta didik adalah 62,12% yang belum mencapai indikator yaitu > 70%, Dan jumlah keseluruhan aktivitas peserta didik adalah 77,5%, yang belum mencapai indikator yaitu > 80% Untuk hasil pengamatan pada siklus II aktivitas peserta didik dengan guru meningkat menjadi 79,25% dan rata-rata aktivitas peserta didik dengan peserta didik meningkat menjadi 79,37% yang sudah mencapai indikator yaitu > 70%, dan jumlah keseluruhan aktivitas peserta didik 97,5 % yang sudah mencapai indikator yaitu > 80%.
Berdasarkan hasil penelitian ini maka strategi Cooperative Learning tipe STAD (Student Team Achievement Division) dapat meningkatkan keaktifan peseta didik kelas VIII B MTs Nahdlatul Fata Petekeyan Tahunan Jepara dalam pembelajaran aqidah akhlak materi pokok akhlak tercela terhadap sesama manusia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Wahyudi, M.Pd.; Drs. Ikrom, M. Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Cooperative Learning; Strategi Pembelajaran; Aqidah Akhlak; Akhlak Tercela |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 10 Jan 2015 01:26 |
Last Modified: | 10 Jan 2015 01:26 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3284 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year