Hubungan antara kemampuan awal matematika dan motivasi berprestasi dengan hasil belajar matematika materi segitiga dan segi empat kelas VII SMP Askhabul Kahfi Polaman Mijen Semarang tahun 2009/2010
Muchlishin, Muchlishin (2010) Hubungan antara kemampuan awal matematika dan motivasi berprestasi dengan hasil belajar matematika materi segitiga dan segi empat kelas VII SMP Askhabul Kahfi Polaman Mijen Semarang tahun 2009/2010. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
3105185_Coverdll.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (14kB) | Preview
3105185_Bab 1.pdf - Accepted Version
Download (56kB) | Preview
3105185_Bab 2.pdf - Accepted Version
Download (109kB) | Preview
3105185_Bab 3.pdf - Accepted Version
Download (51kB) | Preview
3105185_Bab 4.pdf - Accepted Version
Download (105kB) | Preview
3105185_Bab 5.pdf - Accepted Version
Download (19kB) | Preview
3105185_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (19kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hubungan antara kemampuan awal matematika dengan hasil belajar matematika materi segitiga dan segi empat (2) mengetahui hubungan antara motivasi berprestasi dengan hasil belajar matematika materi segitiga dan segi empat (3) mengetahui hubungan antara kemampuan awal matematika dan motivasi berprestasi dengan hasil belajar matematika materi segitiga dan segi empat. Penelitian ini merupakan penelitian
kuantitatif dengan subjek penelitian peserta didik kelas VII SMP Askhabul Kahfi Polaman Mijen Semarang dengan jumlah peserta didik sebanyak 50 anak.
Proses penelitian dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama pengumpulan data dengan menggunakan metode test untuk mengetahui kemampuan awal matematika dan hasil belajar matematika materi segitiga dan segi empat serta
menggunakan angket untuk mengetahui motivasi berprestasi peserta didik. Tahap selanjutnya merupakan proses pengolahan data dengan menggunakan analisis korelasi product moment dan korelasi ganda. Hasil dari pengolahan data digunakan untuk menggambarkan tingkat kemampuan awal matematika, motivasi berprestasi dan hasil belajar matematika materi segitiga dan segi empat serta
untuk mengetahui tingkat hubungan antara kemampuan awal matematika dengan hasil belajar matematika materi segitiga dan segi empat, hubungan antara motivasi berprestasi dengan hasil belajar matematika materi segitiga dan segi empat, dan
hubungan antara kemampuan awal matematika dan motivasi berprestasi dengan hasil belajar matematika materi segitiga dan segi empat. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian, kemampuan awal matematika peserta didik tergolong pada kriteria baik yaitu 25 responden atau 50 %. Dengan nilai rata – rata adalah 31,6. Motivasi berprestasi peserta didik tergolong pada kriteria baik yaitu 21 responden atau 42 %, dengan nilai rata – rata adalah 63,4. Hasil belajar
matematika materi segitiga dan segi empat peserta didik tergolong pada kriteria baik yaitu 20 responden atau 40 %, dengan nilai rata – rata adalah 71. Sedangkan hubungan antara kemampuan awal matematika dan motivasi berprestasi dengan hasil belajar matematika materi segitiga dan segi empat kelas VII SMP Askhabul Kahfi Polaman Mijen Semarang, yaitu : 1. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan awal matematika dengan hasil belajar matematika materi segitiga dan segi empat kelas VII SMP Askhabul Kahfi Polaman Mijen Semarang. Hal ini dibuktikan
dengan diperoleh r hitung = 0,595 sedangkan r tabel = 0,279 pada taraf signifikansi 5% maka rh > rt sehingga Ha diterima dan Ho ditolak.
2. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi berprestasi dengan hasil belajar matematika materi segitiga dan segi empat kelas VII SMP Askhabul Kahfi Polaman Mijen Semarang. Hal ini dibuktikan dengan viii
diperoleh r hitung = 0,300 sedangkan r tabel = 0,279 pada taraf signifikansi 5% maka rh > rt sehingga Ha diterima dan Ho ditolak.
3. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan awal matematika dan motivasi berprestasi dengan hasil belajar matematika materi segitiga dan segi empat kelas VII SMP Askhabul Kahfi Polaman Mijen Semarang. Hal ini dibuktikan dengan diperoleh r hitung = 0,637 sedangkan r
tabel = 0,279 pada taraf signifikansi 5% maka rh > rt sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi
dan masukan bagi mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti, dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Hj. Minhayati Saleh, M. Sc.; Prof. Dr. H. Moh. Erfan Soebahar, M. Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Matematika; Motivasi Berprestasi; Hasil Belajar |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Agus Sopan Hadi |
Date Deposited: | 09 Jan 2015 08:29 |
Last Modified: | 25 Jun 2021 07:45 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3296 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year