Pelaksanaan manajemen kesiswaan dalam meningkatkan kedisiplinan belajar peserta didik di MAK Al-Hikmah 2 Benda Sirampog Brebes
Mualifah, Lili (2010) Pelaksanaan manajemen kesiswaan dalam meningkatkan kedisiplinan belajar peserta didik di MAK Al-Hikmah 2 Benda Sirampog Brebes. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
63311006_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (362kB) | Preview
63311006_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (50kB) | Preview
63311006_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (154kB) | Preview
63311006_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (76kB) | Preview
63311006_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (36kB) | Preview
63311006_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (18kB) | Preview
63311006_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (17kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: Untuk Mengetahui Bagaimana Pelaksanaan Manajemen Kesiswaan dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Peserta Didik di MAK Al-Hikmah 2 Benda Sirampog Brebes. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan dengan teknik pengumpulan data yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini berupa teknik analisis deskriptif.
Temuan penelitian ini yaitu meliputi: Pelaksanaan Manajemen kesiswaan di MAK Al-Hikmah 2 sudah berjalan dengan baik mulai dari perencanaan kesiswaan, penerimaan peserta didik baru, pengelompokan peserta didik, kelulusan dan alumni, kegiatan ekstra kelas, Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), serta Pembinaan Disiplin Belajar. Pelaksanaan manajemen kesiswaan di MAK Al-Hikmah 2 ini memiliki peran yang sangat penting dalam proses peningkatan kedisiplinan belajar peserta didik. Karena disiplin belajar bertujuan untuk membantu peserta didik untuk menemukan dirinya, dan mengatasi, serta mencegah timbulnya problem-problem disiplin, dan berusaha menciptakan situasi yang mengenakan bagi kegiatan pembelajaran sehingga mereka menaati segala peraturan yang telah ditetapkan dalam menjalankan kegiatan sebagai berikut: Mengikuti penjelasan guru secara sungguh-sungguh dan mencatat hal - hal yang di anggap penting, Masuk kelas tepat waktu yaitu suatu sikap mental yang banyak mendatangkan keuntungan, Menjawab pertanyaan yang diajukan guru dan mengajukan pertanyaan bila ada keterangan yang belum jelas. Memanfaatkan waktu belajar, Mengikuti pelajaran tanpa membolos. Adapun hal-hal yang dapat dilakukan dalam rangka pembinaan kesiswaan di MAK Al-Hikmah 2 meliputi pemberian orientasi kepada peserta didik baru, pengaturan dan pencatatan kehadiran siswa. Kegiatan ini merupakan kegiatan dan tugas yang sangat esensial dalam pengelolaan kesiswaan, karena kehadiran siswa merupakan syarat untuk memperoleh ilmu pengetahuan dan mendapatkan pengalaman belajar. Adapun Alat yang digunakan untuk mencatat kehadiran siswa di MAK Al-Hikmah 2 seperti adanya papan absensi harian siswa per kelas dan per sekolah, buku absensi harian peserta didik dan rekapitulasi absensi peserta didik. Kemudian dengan adanya pengawasan dari pembina, wali kelas, pihak sekolah, dan motivasi-motivasi yang mendukung peserta didik dan mengontrol absensi-absensi peserta didik setiap kelas, baik setiap kegiatan maupun pembelajaran di sekolah.
Penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, tenaga pengajar, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Walisongo Semarang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Dr. Ruswan, MA.; Ismail SM, M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Kesiswaan; Kedisiplinan Belajar; Pondok Pesantren |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Kependidikan Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 13 Jan 2015 07:36 |
Last Modified: | 13 Jan 2015 07:36 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3311 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year