Meningkatkan hasil belajar matematika pada materi pokok aritmatika sosial dengan model pembelajaran penemuan terbimbing melalui pemanfaatan lembar kerja siswa (LKS) pada kelas VII A semester I MTs NU Tamrinut Thullab Undaan Lor Kudus tahun ajaran 2009/2010

Farihah, Nor (2010) Meningkatkan hasil belajar matematika pada materi pokok aritmatika sosial dengan model pembelajaran penemuan terbimbing melalui pemanfaatan lembar kerja siswa (LKS) pada kelas VII A semester I MTs NU Tamrinut Thullab Undaan Lor Kudus tahun ajaran 2009/2010. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_03105289_Nor_Farihah]
Preview
Text (SKRIPSI_03105289_Nor_Farihah)
3105289_Coverdll.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (191kB) | Preview
[thumbnail of 3105289_Bab 1.pdf]
Preview
Text
3105289_Bab 1.pdf - Accepted Version

Download (26kB) | Preview
[thumbnail of 3105289_Bab 2.pdf]
Preview
Text
3105289_Bab 2.pdf - Accepted Version

Download (119kB) | Preview
[thumbnail of 3105289_Bab 3.pdf]
Preview
Text
3105289_Bab 3.pdf - Accepted Version

Download (44kB) | Preview
[thumbnail of 3105289_Bab 4.pdf]
Preview
Text
3105289_Bab 4.pdf - Accepted Version

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of 3105289_Bab 5.pdf]
Preview
Text
3105289_Bab 5.pdf - Accepted Version

Download (11kB) | Preview
[thumbnail of 3105289_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
3105289_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (13kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing melalui pemanfaatan Lembar Kerja Siswa (LKS) dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi pokok aritmatika sosial siswa kelas VIIA MTs NU Tamrinut Thullab Undaan Lor Kudus tahun ajaran 2009/2910.
Penelitian ini menggunakan studi tindakan (action research) pada siswa kelas VIIA MTs NU Tamrinut Thullab Undaan lor Kudus. Dari hasil observasi secara langsung di kelas VII A melalui prasiklus penelitian tindakan dapat diketahui metode yang digunakan oleh guru bidang studi mata pelajaran matematika yang belum secara penuh mengedepankan pembelajaran aktif dan cenderung terjadi komunikasi satu arah artinya siswa cenderung pasif dalam pembelajaran, hal ini dapat dilihat dari kesiapan dan keaktifan pada saat pembelajaran berlangsung, hal ini juga tampak dengan adanya hasil belajar yang belum optimal artinya belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).
Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing melalui pemanfaatan Lembar Kerja Siswa (LKS) pada materi pokok aritmatika sosial yang lebih operesional di MTs Tamrinut Thullab Undaan Lor Kudus tahun ajaran 2009/2010. Dan ada peningkatan hasil belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran penemuan terbimbing.
Setelah dilaksanakan tindakan melalui model pembelajaran penemuan terbimbing dengan menciptakan suasana pembelajaran aktif maka suasana kelas menjadi hidup, siswa menjadi aktif dan hasil belajar maksimal. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu tahap prasiklus, siklus I dan siklus II. Pada tahap prasiklus, ketuntasan belajar mencapai 50 % dengan nilai rata-rata 56,3. pada siklus I setelah dilaksanakan tindakan ketutasan belajar siswa meningkat menjadi 62,5 % dengan nilai rata-rata tes siklus I 65,4. Sedangkan pada siklus II setelah diadakan evaluasi pelaksanaan tindakan pada siklus II ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan yaitu dapat diprosentasekan menjadi 77,5 % dengan nilai rata-rata tes siklus II siswa adalah 73,4. Dari tiga tahap tersebut jelas bahwa ada peningkatan setelah diterapkan model pembelajaran penemuan terbimbing dengan sebelumnya.
Dalam kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran penemuan terbimbing guru harus lebih memotivasi siswa dan siswa dituntut untuk lebih aktif.. Dan Siswa perlu dilatih untuk berani mengemukakan pendapat di depan dengan cara memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan mengemukakan pendapatnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Metode Pembelajaran; Matematika; Aritmatika Sosial; Penemuan Terbimbing
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 513 Arithmetic
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 15 Jan 2015 08:35
Last Modified: 21 Jun 2021 06:00
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3338

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics