Pengaruh mutu manajemen pelayanan pendidikan terhadap tingkat kepuasan orang tua siswa di SMA Semesta Semarang tahun ajaran 2009-2010
Wahyudi, Wahyudi (2010) Pengaruh mutu manajemen pelayanan pendidikan terhadap tingkat kepuasan orang tua siswa di SMA Semesta Semarang tahun ajaran 2009-2010. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
3105303_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
3105303_Bab 1.pdf - Accepted Version
Download (23kB) | Preview
3105303_Bab 2.pdf - Accepted Version
Download (77kB) | Preview
3105303_Bab 3.pdf - Accepted Version
Download (51kB) | Preview
3105303_Bab 4.pdf - Accepted Version
Download (233kB) | Preview
3105303_Bab 5.pdf - Accepted Version
Download (27kB) | Preview
3105303_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (20kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; apakah terdapat pengaruh antara pelayanan pendidikan (X) dengan kepuasan orang tua siswa (Y) di SMA Semesta Semarang Tahun Ajaran 2009-2010. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik korelasional. Subyek penelitian sebanyak 32 responden, menggunakan teknik proporsional random sampling. Pengumpulan data menggunakan informasi dokumenter untuk menjaring data X dan instrumen kuesioner untuk menjaring data Y. Instrumen kuesioner sebelum digunakan untuk mendapatkan data yang obyektif, terlebih dahulu dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas.
Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif pelayanan yang ada di lembaga pendidikan SMA Semesta Semarang pada Tahun Ajaran 2009-2010 yaitu rxy sebesar 0,701 pada harga rtabel sebesar 0,349 dan 0,449 dengan taraf signifikansi masing-masing 5% dan 1%. Dengan demikian rxy > rtabel maka hasilnya signifikan. Terletak pada interval 0,60 – 0,799 termasuk dalam kategori “kuat”, persamaan regresi menunjukan Y = 0,752X+16,93. Freg = 28,94 > Ftabel untuk taraf signifikansi 5% data menunjukan angka sebesar 4,15% sedangkan pada taraf signifikansi 1% data menujukan angka sebesar 7,50%. Hasil analisis regresi yang telah dilakukan dalam penelitian ini diperoleh koefisien determinasi R=0,491. Dari hasil tersebut berarti dapat diperoleh sumbangan efektif sebesar 49,1% dari pelayanan pendidikan terhadap kepuasan orang tua siswa di SMA Semesta Semarang tahun ajaran 2009 – 2010.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumbangan dan bahan informasi bagi khazanah ilmu pengetahuan, serta masukan bagi civitas akademika dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang. Selain itu, juga dapat memberikan sumbangan bagi lembaga pendidikan SMA Semesta Semarang untuk selalu mengutamakan pelayanan yang terbaik kepada pelanggannnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Karnadi Hasan, M.Pd.; Ismail SM, M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Pelayanan Pendidikan |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Kependidikan Islam |
Depositing User: | Agus Sopan Hadi |
Date Deposited: | 15 Jan 2015 09:05 |
Last Modified: | 15 Jan 2015 09:05 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3343 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year