Penerapan model pembelajaran problem based instruction untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MAN Semarang 1 pada mata pelajaran fisika materi pokok hukum Newton tentang gerak tahun ajaran 2009/2010

Arif, Muhammad (2010) Penerapan model pembelajaran problem based instruction untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MAN Semarang 1 pada mata pelajaran fisika materi pokok hukum Newton tentang gerak tahun ajaran 2009/2010. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 3105327_Coverdll.pdf]
Preview
Text
3105327_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (255kB) | Preview
[thumbnail of 3105327_Bab 1.pdf]
Preview
Text
3105327_Bab 1.pdf - Accepted Version

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of 3105327_Bab 2.pdf]
Preview
Text
3105327_Bab 2.pdf - Accepted Version

Download (154kB) | Preview
[thumbnail of 3105327_Bab 3.pdf]
Preview
Text
3105327_Bab 3.pdf - Accepted Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 3105327_Bab 4.pdf]
Preview
Text
3105327_Bab 4.pdf - Accepted Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 3105327_Bab 5.pdf]
Preview
Text
3105327_Bab 5.pdf - Accepted Version

Download (9kB) | Preview
[thumbnail of 3105327_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
3105327_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (15kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran fisika pada umumnya masih didominasi guru yang menggunakan metode ceramah dan kurang melibatkan aktivitas siswa dalam melakukan kerja ilmiah, akibatnya hasil belajar siswa masih rendah dan kegiatan belajar siswa pun belum menyentuh aspek afektif dan aspek psikomotorik. Guru perlu mencari inovasi strategi belajar mengajar yang melibatkan siswa dalam pembelajaran untuk mencapai hasil belajar yang baik dan dapat mengembangkan keaktifan siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-2 MAN Semarang 1 pada mata pelajaran fisika materi pokok hukum Newton tentang gerak melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Tiap siklusnya meliputi 4 tahap yakni, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Faktor yang diteliti adalah hasil belajar siswa (kognitif, afektif, psikomotorik). Data hasil belajar kognitif diambil dari nilai tes setiap akhir siklus. Data hasil belajar afektif dan psikomotorik diperoleh dari lembar observasi.
Dari hasil penelitian, hasil belajar kognitif siswa sebelum tindakan masih dibawah rata-rata yaitu 55,75 dengan presentase ketuntasan 33,33%. Pada siklus I, nilai tes rerata 64,11 dengan presentase ketuntasan 52,77%. Pada siklus II, nilai tes rerata 72,56 dengan presentase ketuntasan 75%. Pada siklus III, nilai tes rerata 75,94 dengan presentase ketuntasan 88,88%. Hasil belajar afektif pada siklus I, diketahui nilai presentase ketuntasannya 53,75%. Pada siklus II, nilai presentase ketuntasannya 64,44%. Pada siklus III, nilai presentase ketuntasannya 75,50%. Hasil belajar psikomotorik pada siklus I, diketahui nilai presentase ketuntasannya 52,22%. Pada siklus II, nilai presentase ketuntasannya 58,89%. Pada siklus III, nilai presentase ketuntasannya 70,14%, sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan Problem Based Instruction pada materi pokok Hukum Newton tentang gerak dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MAN Semarang I tahun ajaran 2009/2010. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari kenaikan nilai rerata dan ketuntasan belajar dari satu siklus ke siklus berikutnya.
Diharapkan dengan penerapan Problem Based Instruction dalam pembelajaran físika dapat membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir dan memecahkan masalah melalui pelibatan dengan pengalaman nyata sehingga hasil belajar siswa bisa lebih optimal.

Kata kunci: Problem Based Instruction, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Wenty Dwi Yuniarti, S.Pd., M.Kom.; H. Abdul Kholiq, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Problem Based Instruction; Hasil Belajar; Fisika; Hukum Newton
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 21 Jan 2015 05:10
Last Modified: 18 Dec 2021 07:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3347

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics