Manajemen pemasaran pendidikan Islam (studi kasus di SMP Islam Sultan Agung 1 Semarang)
Muthofi’in, Ahmad (2010) Manajemen pemasaran pendidikan Islam (studi kasus di SMP Islam Sultan Agung 1 Semarang). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
3105364_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (123kB) | Preview
3105364_Bab 1.pdf - Accepted Version
Download (64kB) | Preview
3105364_Bab 2.pdf - Accepted Version
Download (180kB) | Preview
3105364_Bab 3.pdf - Accepted Version
Download (92kB) | Preview
3105364_Bab 4.pdf - Accepted Version
Download (62kB) | Preview
3105364_Bab 5.pdf - Accepted Version
Download (13kB) | Preview
3105364_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (16kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1. Manajemen pemasaran pendidikan Islam di SMP Islam Sultan Agung 1 Semarang. 2. Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan manajemen pemasaran pendidikan Islam di SMP Islam Sultan Agung 1 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data-data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan pendekatan induktif dan menggunakan uji validitas dengan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pelaksanaan manajemen pemasaran pendidikan Islam di SMP Islam Sultan Agung 1 Semarang menggunakan konsep manajemen yang dimulai dari tahap: Planning, yaitu menyusun perangkat pemasaran, yang dilaksanakan secara kolaboratif mulai dari pimpinan sekolah, panitia penerimaan peserta didik (PPD) beserta seluruh stakeholder sekolah, bekerja sama dengan dengan Pendasmen YBWSA. Organizing, yaitu pengorganisasian struktur kerja: menentukan job diskription dimulai dengan membentuk kepanitiaan penerimaan peserta didik (PPD) sebagai tim pelaksana, pengorganisasian strategi pemasaran dan pengorganisasian sumber daya pemasaran pendidikan Islam. Actuating, kepala sekolah melakukan penggerakan/pengarahan baik secara langsung atau tidak langsung. Pemasaran pendidikan Islam dilaksanakan dengan menggunakan berbagai strategi dengan beberapa cara yang berfariasi disesuaikan situasi dan kondisi. Controlling, tidak hanya dilaksanakan diakhir periode saja melainkan juga dalam prosesnya.
Kendala yang dihadapi SMP Islam Sultan Agung 1 Semarang dalam manajemen pemasaran pendidikan Islam yaitu: Masih kurangnya pemahaman dari beberapa anggota civitas akademika tentang arti penting pemasaran pendidikan Islam dan kurangnya kerja sama yang optimal. Terdapat beberapa anggota yang kurang aktif dalam memberikan gagasan ide sebagai masukan rencana strategi promosi. Minimnya alokasi dana untuk promosi sekolah. Beberapa anggota tim panitia pelaksana penerimaan peserta didik kurang dapat bekerja secara optimal sesuai tugas masing-masing. Masih adanya beberapa kekurangan kelengkapan sarana prasarana untuk siswa. Adanya beberapa siswa yang kadang melanggar ketentuan pelaksanaan program BUSI (Budaya Sekolah Islami). Belum disediakan jam kelas bimbingan konseling kepada siswa.
Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat menjadi bahan pemikiran, informasi dan masukan tentang pelaksanaan manajemen pemasaran pendidikan Islam bagi lembaga-lembaga pendidikan Islam, para pemikir pendidikan Islam, mahasiswa dan seluruh pihak yang membutuhkannya di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Fahrurrozi, M.Ag.; Drs. Wahyudi, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Pemasaran; Pendidikan Islam |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Kependidikan Islam |
Depositing User: | Agus Sopan Hadi |
Date Deposited: | 21 Jan 2015 05:25 |
Last Modified: | 21 Jan 2015 05:25 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3354 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year