Pengaruh pemahaman materi pelajaran ghorib terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an santri jilid 7 TPQ Sabilul Huda Karangayu Cepiring kab. Kendal
Wijayanti, Fitri (2010) Pengaruh pemahaman materi pelajaran ghorib terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an santri jilid 7 TPQ Sabilul Huda Karangayu Cepiring kab. Kendal. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
3105400_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (2MB) | Preview
3105400_Bab 1.pdf - Accepted Version
Download (41kB) | Preview
3105400_Bab 2.pdf - Accepted Version
Download (156kB) | Preview
3105400_Bab 3.pdf - Accepted Version
Download (35kB) | Preview
3105400_Bab 4.pdf - Accepted Version
Download (79kB) | Preview
3105400_Bab 5.pdf - Accepted Version
Download (9kB) | Preview
3105400_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (12kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui pemahaman materi pelajaran ghorib santri jilid 7 TPQ Sabilul Huda Karangayu Cepiring Kab. Kendal. 2) Untuk mengetahui kemampuan membaca Al-Qur'an santri jilid 7 TPQ Sabilul Huda Karangayu Cepiring Kab. Kendal. 3) Untuk mengetahui pengaruh pemahaman materi pelajaran ghorib terhadap kemampuan membaca Al-Qur'an.
Penelitian ini menggunakan metode dokumentasi, tes dan observasi. Subjek penelitian sebanyak 30 responden, menggunakan teknik analisis Regresi yaitu teknik analisis yang bertujuan menguji bentuk hubungan yang fungsional variabel X sebagai prediktor terhadap variabel Y sebagai kriterium. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis regresi. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: Tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pemahaman materi pelajaran ghorib terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an santri jilid 7 TPQ Sabilul Huda.hal ini ditunjukan dengan nilai Freg sebesar 0,0411377 setelah dicocokan dengan Ftabel pada taraf signifikansi 1% sebesar 5,45 sedangkan nilai Ftabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 3,34 karena Freg < Ftabel 1% dan Ftabel 5%, (0,041137< 5,45 < 3,34), maka tidak signifikan, dengan persamaan garis regresi = 84,826 + 0,020X. Dengan demikian, hipotesis yang menyatakan bahwa pemahaman materi pelajaran ghorib ada pengaruhnya terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an ditolak.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan menjadi bahan informasi dan masukan bagi guru TPQ Sabilul Huda Karangayu Cepiring Kab.Kendal dan masyarakat pada umumnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Nasirudin, M.Ag.; Drs. Karnadi Hasan, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Baca Tulis Al-Qur’an; Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Agus Sopan Hadi |
Date Deposited: | 22 Jan 2015 09:28 |
Last Modified: | 22 Jan 2015 09:28 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3364 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year