Peningkatan hasil belajar biologi materi pokok tingkat organisasi kehidupan dengan pembelajaran berbasis accelerated learning kelas X SMA Islam Sudirman Bringin kab. Semarang tahun 2009/2010

Wahyudi, Lilik (2010) Peningkatan hasil belajar biologi materi pokok tingkat organisasi kehidupan dengan pembelajaran berbasis accelerated learning kelas X SMA Islam Sudirman Bringin kab. Semarang tahun 2009/2010. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 3105417_Coverdll.pdf]
Preview
Text
3105417_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (556kB) | Preview
[thumbnail of 3105417_Bab 1.pdf]
Preview
Text
3105417_Bab 1.pdf - Accepted Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 3105417_Bab 2.pdf]
Preview
Text
3105417_Bab 2.pdf - Accepted Version

Download (204kB) | Preview
[thumbnail of 3105417_Bab 3.pdf]
Preview
Text
3105417_Bab 3.pdf - Accepted Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 3105417_Bab 4.pdf]
Preview
Text
3105417_Bab 4.pdf - Accepted Version

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of 3105417_Bab 5.pdf]
Preview
Text
3105417_Bab 5.pdf - Accepted Version

Download (14kB) | Preview
[thumbnail of 3105417_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
3105417_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (13kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pembelajaran Biologi berbasis Accelerated Learning materi Tingkat Organisasi Kehidupan kelas X SMA Islam Sudirman Bringin. (2) Peningkatan hasil belajar Biologi melalui pembelajaran berbasis Accelerated Learning materi Tingkat Organisasi Kehidupan kelas X SMA Islam Sudirman Bringin.
Penelitian ini menggunakan studi tindakan (action research) pada siswa kelas X SMA Islam Sudirman Bringin Kab. Semarang. Dari hasil observasi secara langsung di kelas X melalui pra siklus penelitian tindakan dapat diketahui metode yang digunakan oleh guru bidang studi mata pelajaran Biologi yang belum secara penuh mengedepankan pembelajaran aktif dan cenderung terjadi komunikasi satu arah, artinya siswa cenderung pasif dalam pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari kesiapan dan keaktifan siswa pada saat pembelajaran berlangsung, hal ini juga tampak dengan adanya hasil belajar yang belum optimal artinya belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditetapkan oleh sekolah yaitu 65. Objek penelitian ini adalah di SMA Islam Sudirman Bringin Kab. Semarang. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan satu kelas untuk menerapkan pembelajaran dengan berbasis Accelerated Learning yaitu kelas X yang jumlahnya ada 25 siswa.
Setelah dilaksanakan tindakan melalui pembelajaran Accelerated Learning dengan menciptakan suasana pembelajaran aktif maka suasana kelas menjadi hidup, siswa menjadi aktif dan hasil belajar maksimal. Penelitian ini dilaksanakan dalam 4 tahap yaitu tahap pra siklus, siklus I, siklus II, dan siklus III. Pada tahap pra siklus, kesiapan dan keaktifan siswa adalah 48,8% dan rata-rata tes akhir 61.4.dalam tahap pra siklus ini ada 13 siswa yang belum tuntas. Pada tahap siklus I setelah dilakukan tindakan kelas kesiapan dan keaktifan siswa meningkat menjadi 60 %. Pada tahap siklus II setelah dilakukan tindakan kesiapan dan keaktifan siswa juga meningkat menjadi 74.4%. Sedangkan pada siklus III setelah dilakukan tindakan kesiapan dan keaktifan siswa mengalami peningkatan yaitu 82.2 %. Dan nilai rata-rata terakhir setelah dilakukan tindakan kelas (siklus I, II, III) yaitu 74.8. Dari 4 tahap tersebut jelas bahwa ada peningkatan setelah diterapkannya pembelajaran Accelerated Learning dengan sebelumnya, yaitu nilai rata-rata kelas terakhir 74.8 lebih dari KKM yang ditentukan yaitu 65, dan
Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti membuktikan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran dengan berbasis Accelerated Learning. Hasil penelitian tersebut diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada semua pihak (siswa, guru dan orang tua) untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Biologi; Metode Pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 22 Jan 2015 09:35
Last Modified: 24 May 2021 05:43
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3367

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics