Efektivitas model pembelajaran cooperative learning tipe STAD (student teams-achievement divisions) dengan menggunakan alat peraga terhadap hasil belajar matematika pada materi pokok bangun ruang sisi datar peserta didik kelas VIII MTs N Model Babakan Lebaksiu Tegal tahun pelajaran 2009/2010

Fatkhuri, Fatkhuri (2010) Efektivitas model pembelajaran cooperative learning tipe STAD (student teams-achievement divisions) dengan menggunakan alat peraga terhadap hasil belajar matematika pada materi pokok bangun ruang sisi datar peserta didik kelas VIII MTs N Model Babakan Lebaksiu Tegal tahun pelajaran 2009/2010. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_053511043_Fatkhuri]
Preview
Text (SKRIPSI_053511043_Fatkhuri)
31505043_Coverdll.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (243kB) | Preview
[thumbnail of 31505043_Bab 1.pdf]
Preview
Text
31505043_Bab 1.pdf - Accepted Version

Download (45kB) | Preview
[thumbnail of 31505043_Bab 2.pdf]
Preview
Text
31505043_Bab 2.pdf - Accepted Version

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of 31505043_Bab 3.pdf]
Preview
Text
31505043_Bab 3.pdf - Accepted Version

Download (75kB) | Preview
[thumbnail of 31505043_Bab 4.pdf]
Preview
Text
31505043_Bab 4.pdf - Accepted Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of 31505043_Bab 5.pdf]
Preview
Text
31505043_Bab 5.pdf - Accepted Version

Download (9kB) | Preview
[thumbnail of 31505043_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
31505043_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (708kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD dengan menggunakan alat peraga matematika lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yang dilaksanakan di MTs N Model Babakan Lebaksiu Tegal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peseta didik kelas VIII, sedangkan sampelnya adalah kelas VIII H yang terdiri dari 40 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C yang terdiri dari 40 peserta didik sebagai kelas kontrol.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan metode tes. Sebelum diberi perlakuan kedua kelas diuji keseimbangannya dengan uji normalitas dan homogenitas dengan menggunakan nilai ulangan tes sebelumnya. Kemudian kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen menggunakan model cooperative learning tipe STAD dengan menggunakan alat peraga matematika dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Setelah data didapat terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan homogenitas.
Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan uji t-tes. Berdasarkan perhitungan t-tes dengan taraf signifikasi = 5% diperoleh thitung = 4,7247, sedangkan ttabel = 1,9908. Karena thitung > ttabel maka berarti rata-rata hasil belajar matematika peserta didik yang diajar dengan pembelajaran cooperative learning tipe STAD dengan menggunakan alat peraga matematika lebih baik daripada peserta didik yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen = 77,75 dan kelompok kontrol = 69,98, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD dengan menggunakan alat peraga matematika lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Cooperative Learning; Pemmbelajaran Kooperatif; Hasil Belajar; Matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 516 Geometry
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 27 Jan 2015 04:59
Last Modified: 21 Jun 2021 06:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3373

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics