Hubungan kemampuan awal dan sikap peserta didik pada matematika dengan prestasi belajar matematika materi pokok pecahan peserta didik kelas VII semester I MTs NU Nurul Huda Semarang tahun pelajaran 2010/2011
Alfiati, Natalia Nur (2010) Hubungan kemampuan awal dan sikap peserta didik pada matematika dengan prestasi belajar matematika materi pokok pecahan peserta didik kelas VII semester I MTs NU Nurul Huda Semarang tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
63511012_Coverdll.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (161kB) | Preview
63511012_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (54kB) | Preview
63511012_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (120kB) | Preview
63511012_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (78kB) | Preview
63511012_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (213kB) | Preview
63511012_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (18kB) | Preview
63511012_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (14kB) | Preview
Abstract
Berdasarkan penuturan guru matematika kelas VII di MTs NU Nurul Huda Semarang menyatakan bahwa pada pembahasan materi pokok pecahan sebagian peserta didik cenderung bosan dan kurang aktif dalam proses kegiatan belajar mengajar berlangsung karena kemampuan awal pada materi bilangan bulat yang dimiliki peserta didik rendah dan sikap peserta didik yang negatif/tidak menyukai matematika terlebih materi pecahan.
Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) adakah hubungan antara kemampuan awal dengan prestasi belajar matematika materi pokok pecahan?, (2) adakah hubungan sikap peserta didik pada matematika dengan prestasi belajar matematika materi pokok pecahan?, (3) adakah hubungan kemampuan awal dan sikap peserta didik pada matematika dengan prestasi belajar matematika materi pokok pecahan?.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hubungan antara kemampuan awal matematika dengan prestasi belajar matematika materi pecahan, (2) mengetahui hubungan antara sikap peserta didik pada matematika dengan prestasi belajar matematika materi pecahan, (3) mengetahui hubungan antara kemampuan awal dan sikap peserta didik pada matematika dengan prestasi belajar matematika materi pecahan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan subjek penelitian peserta didik kelas VII C MTs NU Nurul Huda Semarang dengan jumlah peserta didik sebanyak 39 anak.
Penelitian ini merupakan penelitian korelasi antara tiga variabel. Dimana kemampuan awal sebagai variabel bebas (X1), sikap peserta didik sebagai variabel bebas (X2), dan prestasi belajar matematika sebagai variabel terikat (Y). Permasalahan dalam penelitian ini yaitu: (1) adakah hubungan positif antara kemampuan awal dengan prestasi belajar matematika materi pecahan peserta didik kelas VII MTs NU Nurul Huda Semarang Tahun Pelajaran 2010/2011?, (2) adakah hubungan sikap peserta didik pada matematika dengan prestasi belajar matematika materi pecahan peserta didik kelas VII MTs NU Nurul Huda Semarang Tahun Pelajaran 2010/2011?, (3) adakah hubungan kemampuan awal dan sikap peserta didik pada matematika dengan prestasi belajar matematika materi pecahan peserta didik kelas VII MTs NU Nurul Huda Semarang Tahun Pelajaran 2010/2011?.
Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VII semester I di MTs NU Nurul Huda Semarang Tahun Pelajaran 2010/2011. Yang berjumlah 195 peserta didik dan terbagi dalam lima kelas. Sampel dipilih dengan teknik cluster random sampling. Dalam hal ini, yang dipilih sebagai kelas penelitian adalah kelas VII C dengan menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas data dan uji homogenitas data. Teknik pengambilan data dilakukan dengan dokumentasi, angket, dan tes. Data kemampuan awal diperoleh dengan cara tes tertulis dan sikap peserta didik diperoleh dengan cara angket, dan data prestasi belajar diperoleh dengan cara posttes. Data yang diperoleh kemudian diuji dengan uji korelasi product moment dan korelasi ganda diperoleh hasil: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan awal matematika dengan prestasi belajar matematika materi pecahan peserta didik kelas VII MTs NU Nurul Huda Semarang Tahun Pelajaran 2010/2011 dengan rhitung = 0,945 sedangkan rtabel = 0,316 pada taraf signifikansi 5% maka rh > rt sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara sikap peserta didik pada matematika dengan prestasi belajar matematika materi pecahan peserta didik kelas VII MTs NU Nurul Huda Semarang Tahun Pelajaran 2010/2011 dengan rhitung = 0,922 sedangkan rtabel = 0,316 pada taraf signifikansi 5% maka rh > rt sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan awal dan sikap peserta didik pada matematika dengan prestasi belajar matematika materi pecahan peserta didik kelas VII MTs NU Nurul Huda Semarang Tahun Pelajaran 2010/2011 dengan rhitung = 0,965 sedangkan rtabel = 0,316 pada taraf signifikansi 5% maka rh > rt sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga koefisien korelasi tersebut signifikan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara kemampuan awal dan sikap peserta didik pada matematika dengan prestasi belajar matematika materi pokok pecahan peserta didik kelas VII semester I MTs Nu Nurul Huda Semarang Tahun Pelajaran 2010/2011.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sikap peserta didik; Prestasi belajar; Matematika |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 03 Feb 2015 09:51 |
Last Modified: | 19 Jun 2021 07:42 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3418 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year